Pastikan Pilkati Kondusif, Pemkab Tubaba Akan Libatkan TNI/POLRI

11

Radartuba.com, TUBABA– Meski Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak tahun 2020 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) hanya akan digelar di 5 (lima) tiyuh, pelaksanaan pemungutan suara di masing-masing tiyuh pada tanggal 19 Mei mendatang tetap akan dikawal ketat oleh aparat keamanan dari Polres Tubsba dan TNI Kodim 0412 Lampung Utara. Pengamanan ini dimaksudkan agar pilkati berlangsung kondusif dan damai, serta guna memastikan tidak terjadi konflik dalam pesta demokrasi ditingkat tiyuh tersebut.

Kabag Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tubaba Mansyur Ys, SE, MM mengatakan, upaya pengamanan dalam pilkati dilakukan guna memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkati serentak, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.”Kita melibatkan aparat kepolisian dan TNI dalam pilkati serentak tersebut. Kita menginginkan pilkati di Tubaba berjalan lancar, kondusif, dan sukses,”ungkapnya saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Selasa (18/2/2020) pagi.

Mengenai pengamanan tersebut, pihaknya sedang menyusun surat pengajuan resmi dan akan segera menyampaikan surat permohonan tersebut kepada pihak Polres dan Kodim, bahkan pemkab juga akan menyertakan peta kerawanan pilkati dalam surat tersebut sebagai bahan pertimbangan aparat keamanan dalam menempatkan personilnya.”Kalau untuk jumlah personil dan penempatannya tentu kami serahkan kepada pihak polres dan kodim, mereka yang lebih paham mengenai itu,”ujarnya.

Diakuinya, tensi politik di tiyuh berpotensi cukup tinggi, mengingat cakupan wilayahnya yang juga kecil sehingga suasana pun berbeda dengan sebuah pilkada. Namun dalam hal ini, Panitia Kabupaten mengingatkan kepada semua pihak khususnya masing-masing calon kepala tiyuh untuk tidak melakukan kampanye hitam atau terselubung, lebih lagi politik uang dalam pelaksanaan pilkati tersebut.”Artinya, kami minta laksanakan kampanye sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Jual (kampanyekan) visi misi dan program yang akan dilakukan jika terpilih. Jangan menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan, agar terwujud pilkati yang aman dan damai serta menghasilkan pemimpin yang diharapkan masyarakat,”tegasnya.

BACA JUGA:  Aparatur Tiyuh Diminta Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Selain itu, Mansyur juga menghimbau agar panitia pilkati tetap menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pilkati tersebut dan tetap berpedoman pada Perbup Nomor 4 tahun 2018 tentang Pemilihan Kepala Tiyuh di Kabupaten Tubaba.”Semuanya sudah diatur dalam perbup itu, termasuk tentang larangan-larangan kampanye. Yang jelas, selain kami minta untuk netral, panitia kami himbau juga untuk mensosialisasikan perbup ini agar semua pihak tahu dan memahaminya,”pungkasnya.

Diketahui, pilkati serentak tahun ini tersebar di tiga kecamatan. Di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dilaksanakan oleh Tiyuh Panaragan, Penumangan Baru, dan Mulya Kencana. Kemudian Tiyuh Gunung Katun Tanjungan di Kecamatan Tulang Bawang Udik dan Tiyuh Bangun Jaya Kecamatan Gunung Agung. (ded)