Isi Kegiatan HPN Dengan Lomba Jurnalistik, Bang Yadi Siapkan Hadiah 5 Juta

27

Radartuba.com, BANJARMASIN – Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian membuat kejutan. Bang Yadi-sapaan akrab Supriyadi Alfian- membuat semacam lomba jurnalistik untuk lingkup kontingen HPN 2020 asal Lampung.

Meski skala kecil, untuk urusan hadiah Bang Yadi tidak main-main. Pria 53 tahun ini menyiapkan Rp5 juta untuk para pemenang. Berdasarkan pengumuman yang dibagikan Bang Yadi pada grup WhatsApp HPN Banjarmasin, akan dipilih tiga pemenang.

Masing-masing untuk kategori karya tulis berupa liputan investigasi dan features; foto serba serbi HPN dan berita berkualitas dari perwakilan PWI kabupaten.”Lomba ini digelar karena keprihatinan saya melihat banyaknya wartawan yang saat ini malas membuat berita. Lomba ini sebagai penyemangat supaya wartawan asal Lampung produktif menulis,”ucapnya di sela acara sarapan pagi bersama, Jumat (7/2/2020).

Walau terkesan mendadak, Bang Yadi sangat serius menggulirkan kegiatan ini. Buktinya pria berkumis ini menunjuk tiga mantan pemimpin redaksi (Pemred) yaitu Suprapto, Nizwar dan Wirahadikusumah. Masing-masing pernah menjabat sebagai Pemred Surat Kabar Harian Radar Lampung. Bahkan Suprapto saat ini juga tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Ketua Bawaslu Tubaba : PTPS Harus Netral, Berintegritas, dan Profesional

Tidak itu saja, Bang Yadi juga menerapkan syarat yang cukup ketat. Di antaranya karya tulis yang berhak dinilai harus sudah dimuat di media, baik cetak maupun online. Tulisan atau foto juga harus merupakan karya orisinal peserta lomba dan bukan hasil rilis atau copas (copy paste) berita lain.”Lomba akan ditutup pada puncak HPN tanggal 9 Februari pukul 24.00 WITA nanti,” imbuhnya.

Para peserta HPN asal lampung menyambut baik lomba tersebut, tidak terkecuali serombongan pengurus PWI Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) di bawah komando bung Edi Zulkarnain. “Hal ini tentunya sebagai upaya pemacu spirit peserta untuk senantiasa menulis dan berkreativitas mengembangkan kemampuanya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas,”singkat Edi Zulkarnaen. (rls/ded)