Tahun Ketiga, Disnakertran Tubaba Kembali Berangkatkan Peserta PBK

9

Radartuba.com, TUBABA- Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) setempat kembali memberangkatkan peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang berada dibawah naungan langsung Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas- Kementerian Ketenagakerjaan RI. Kali ini, BBPLK Bandung- Jawa Barat yang akan menjadi tempat pelatihan 14 peserta asal bumi Ragem Sai Mangi Wawai.
Diketahui, PBK melalui program boarding training ke BBPLK Kementerian Ketenagakerjaan ini adalah tahun ketiga, setelah pada tahun 2018 dan 2019 lalu juga dilaksanakan kegiatan yang sama, yakni di BBPLK Bekasi, BBPLK Bandung, dan BBPLK Serang. Selama dua tahun tersebut, puluhan warga usia kerja di kabupaten setempat telah mengikuti pelatihan dengan berbagai jenis kejuruan yang tersedia.
Bahkan dengan modal sertifikat keahlian yang diterima setelah lulus telah mengantarkan sebagian peserta PKB asal Tubaba mendapatkan pekerjaan. Selain itu, dengan modal kemampuan yang telah dimiliki, mereka juga dapat membuka usaha secara mandiri setelah mengikuti pelatihan tersebut.”Yang jelas kita patut bersyukur karena Tubaba sampai sekarang masih mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan peserta dalam PBK tersebut. Alhamdulillah, di gelombang I tahun 2020 ini kita kembali mengirimkan 14 peserta, yakni ke BBPLK Bandung dan rencananya mereka berangkat hari Minggu 2 Februari 2020,”ungkap Rudi Riansyah, SE, MM, Plt. Kepala Disnakertran Tubaba, kepada wartawan, Jum’at (31/1) pekan lalu.
Ada tiga jurusan pelatihan yang akan diikuti para peserta, yakni Teknik Otomotif, Teknologi Manufaktur dan Teknik Refrigerasi. Sebelum ditetapkan lolos menjadi peserta pelatihan dan dipastikan berangkat ke Bandung, mereka telah melalui rangkaian seleksi ketat mulai dari verifikasi berkas oleh Disnakertran Tubaba, hingga tes Pengetahuan Umum dan Wawancara pada tanggal 21-24 Januari 2020 yang dilaksanakan langsung oleh Tim Rekrutmen Kementerian Ketenagakerjaan.”Kalau pendaftar kemarin ada sekitar 60 orang, tapi hanya 14 orang yang mendapatkan nilai terbaik sesuai dengan kuota yang ditetapkan BBPLK Bandung. Mereka berlatar pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, Diploma dan ada juga yang lulusan sarjana,”terangnya.
Pelatihan tersebut menurutnya akan berlangsung selama 1-2 bulan dan peserta tidak perlu khawatir masalah biaya, karena mulai dari pemberangkatan (transportasi), pakaian, makan minum, tempat menginap (asrama), dan sampai pulang lagi itu gratis ditanggung Kementerian (BBPLK Bandung). Bagi yang dinyatakan lulus dalam pelatihan, lanjutnya, akan mendapatkan sertifikat kompetensi.
Pihaknya berharap, seluruh peserta asal Tubaba dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh, sebab pelatihan yang diberikan tentunya untuk mengasah kemampuan sehingga bisa menjadi tenaga handal sesuai program pelatihan yang mereka ikuti yang diharapkan dapat menjadi modal mereka kedepan, baik untuk mencari kerja atau membuka usaha sendiri.”Kami sangat berterima kasih kepada BBPLK Bandung yang telah memberikan kesempatan kepada peserta dari Kabupaten Tubaba untuk mengikuti pelatihan itu,”pungkasnya. (ded)