Hebat… Camat Rehab Kantor Tanpa Dana Pemerintah

11

Radartuba.com, TUBABA – Camat Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) merehab kantor dan balai pertemuan kecamatan setempat hingga menghabiskan dana Rp50-an juta tanpa sepeserpun menggunakan dana rutin. Upaya yang dilakukan ini tentunya patut menjadi contoh, mengingat sangat jarang terobosan-terobosan seperti ini dilakukan.

Camat Tulang Bawang Tengah Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP mengatakan, rehab kantor dan balai kecamatan yang dilaksanakan sejak akhir Januari lalu sepenuhnya merupakan bantuan pihak ketiga dan partisipasi seluruh kepalo tiyuh (desa) dan lurah yang berada di wilayah kecamatan setempat.

“Rehab ini sepeserpun tidak menggunakan dana rutin kecamatan. Tetapi hasil sumbangan pihak ketiga, dan partisipasi para kepalo tiyuh,”ungkapnya kepada wartawan, saat tengah mengawasi pemasangan keramik dan pengecatan ornamen di kantor kecamatan yang berlokasi di Tiyuh Panaragan, Senin (3/2) lalu.

Menurut, perbaikan di beberapa bagian kantor dan balai kecamatan tersebut dilakukan untuk membenahi dan memperindah kantor. Dengan suasana kantor yang bersih, indah dan rapi tersebut akan memberi rasa nyaman dalam bekerja guna terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Sebelum kita rehab, kantor kurang nyaman dilihat, banyak keramik yang lepas, pecah, atap balai pertemuan bocor sehingga banyak kayu yang lapuk, dan cat kantor juga sudah pudar,” paparnya.

Nazar menambahkan, sumbangan pihak ketiga yang diberikan oleh donatur untuk rehab kantor camat dan balai pertemuan tersebut tidak hanya berbentuk dana, tetapi sebagian besar memberikan sumbangan berbentuk material yang dibutuhkan untuk merehab dua bangunan tersebut.

BACA JUGA:  JTTS di Tubaba, Peluang Besar Untuk Kemajuan Daerah

“Kebanyakan mereka memberi bantuan dalam bentuk material, seperti cat, asbes, semen, keramik, kayu, plank kantor kecamatan. Dan ini juga terlaksana berkat partisipasi masyarakat yang secara sukarela bergotong royong,” jelas mantan Kabid Perekonomian pada Bappeda Tubaba ini.

Hingga saat ini, lanjut dia, yang telah selesai dilakukan rehab yakni Balai Pertemuan dengan membuat dinding batas bangunan, sulam kap atap yang sudah lapuk dan penggantian genteng, pemasangan plafon, lukis motif ornamen lampung, dan pembuatan nomenklatur kantor camat.

“Saat ini kami tengah menyulam keramik yang mengelupas dan pecah dengan yang baru, lukis ornamen Lampung, dan penataan taman baik di halaman maupun di ruang kosong tengah bangunan kantor yang saat ini masih berbentuk kolam ikan. Taman tengah bangunan kantor ini akan kita buat menjadi taman penghijauan yang akan dibantu oleh Dinas Perkimta,”ulasnya.

Ditanya hingga menghabiskan anggaran berapa dalam merehab kantor tersebut, Nazar mengatakan hingga saat ini sumbangan pihak ketiga yang masuk baik dari Bank BRI, Bank Lampung, Djarum, Ruli Brother Bandar Lampung, donatur, swadaya masyarakat, dan partisipasi kepalo tiyuh dan lurah sudah mencapai Rp50-an juta.

“Harapannya dengan perbaikan ini, suasana kantor terlihat bersih, indah dan tidak menghilangkan kesederhanaan sehingga ke depan akan memberikan rasa nyaman dalam bekerja melayani masyarakat. Kami juga sangat berterima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah membantu dalam merehab kantor ini,”pungkasnya. (ded)