Hadiri Manasik Haji dan Umroh

14

Fauzi Hasan Sampaikan “Empat Olah”

Radartuba.com, TUBABA -Wakil Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Fauzi Hasan, SE, MM menghadiri Bimbingan Manasik Haji dan Umroh bagi Calon Jama’ah Haji Tubaba Tahun 2020 yang digelar oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Bakkata Center Tubaba di Sesat Agung Bumi Gayow Ragem Sai Mangi Wawai, Komplek Islamik Center Tubaba, Senin (3/2) siang.
Dalam kesempatan itu, Fauzi Hasan menyampaikan beberapa hal terkait persiapan yang perlu dilakukan oleh seluruh jama’ah dalam menjalankan ibadah ke tanah suci Mekkah-Arab Saudi tersebut. Diantaranya adalah persiapan jasmani dan rohani yang disebutnya dengan sebutan Empat Olah. Olah yang pertama yakni Olah Pikir, dimana seluruh jama’ah harus fokus saat menjalankan ibadah dan kegiatan selama di tanah suci.
Lalu Olah Rasa, berkaitan dengan sifat tenggang rasa antar sesama jama’ah guna mewujudkan suasana yang damai tanpa ada keributan, dan yang tak kalah penting adalah tidak saling menjelekkan satu sama lain. Selanjutnya adalah Olah Iman dengan melaksanakan ibadah sungguh-sungguh dan fokus. Terakhir yakni Olah Raga yang juga penting demi menjaga stamina dan kekuatan fisik, khususnya selama menjalankan ibadah.
“Kita perlu fokus dalam persiapan beribadah dan jiwa kita harus lebih bagus. Kita melakukan sholat tasbih dan sholat-sholat taubat khusus dengan penuh permohonan terhadap Allah SWT agar kita bisa mendapatkan kesehatan dan kebaikan baik jiwa maupun pikiran kita,”ungkapnya.
Selain itu, Fauzi Hasan juga mengingatkan agar seluruh jama’ah mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan guna mengantisipasi ketika mengalami gangguan kesehatan selama perjalanan ibadah, terlebih bagi mereka yang memang memiliki riwayat kesehatan tertentu. Tidak hanya itu, mantan Kepala Bappeda Tubaba ini juga menyarankan agar pakaian benar-benar dipersiapkan.”Cuaca di sana beda dengan di sini. Kadang sangat panas, waktu dingin juga sangat dingin. Makanya pakaian harus dipersiapkan dengan benar untuk mengimbangi cuaca di sana,”ulasnya.
Dia juga berpesan agar keluarga yang ditinggalkan tidak terburu-buru memberikan kabar yang bisa mengganggu konsentrasi ibadah.”Yang jelas, kita sama-sama berharap semoga seluruh jama’ah dalam perjalanan nantinya bisa diberikan kesehatan, selamat dan dilindungi oleh Allah SWT serta menjadi haji yang mabrur dan mabrurah, dan pulang dengan selamat sampai di tanah air bertemu dan berkumpul kembali bersama keluarga,”harapnya. (ded)