Antisipasi Serangan OPT, Distan Tubaba Siapkan Belerang dan Pestisida Gratis

5

Radartuba.com, TUBABA– Di musim tanam padi pertama (rendeng) pada Masa Tanam 2019/2020 ini, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menyiapkan Belerang dan Pestisida guna mengantisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan tersebut.
“Belerang untuk mengantisipasi serangan hama Tikus dan sudah kita siapkan sebanyak 1 ton, sedangkan pestisida berupa fungisida dan insektisida juga kita siapkan dengan target 1.000 hektar,”ungkap Yayit Zamhuri, SP, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Minggu (2/2) sore.
Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada laporan mengenai serangan OPT pada Padi, baik oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), maupun petani langsung. Namun, pihaknya tidak mau kecolongan, sehingga langkah antisipasi tersebut pun dilakukan.”Artinya, ketika serangan OPT memang tidak dapat dihindari, upaya pengendalian bisa langsung kita lakukan, makanya belerang dan pestisida kita siapkan sejak awal,”terangnya.
Yayit menegaskan, Belerang dan Pestisida tersebut akan diberikan secara gratis, dengan ketentuan petani yang membutuhkan mengajukan terlebih dahulu kepada Distan.”Nanti pengajuan diketahui oleh PPL dan Petugas POPT, sebab mereka yang lebih mengetahui kondisi di lapangan apakah perlu dilakukan pengendalian atau tidak. Jika memang perlu dan diajukan ke kami, maka obatan-obatan tersebut langsung didistribusikan ke kelompok tani,”jelasnya.
Pihaknya berharap, para petani selalu berkoordinasi dengan Distan Tubaba selama musim tanam ini, terlebih ketika menghadapi serangan OPT, baik melalui PPL ataupun petugas POPT yang ada.”Kalau ada serangan atau ada tanda-tanda populasi OPT diharapkan segera lapor, agar bisa secepatnya dilakukan pengendalian sehingga tidak berdampak meluas pada pertumbuhan padi dan hasil panen,”tandasnya. (ded)