Nunik Bangga Dan Beri Apresiasi Pencapaian ODF di Mesuji

10
Wakil gubernur Lampung Nunik saat mengadakan kunjungan kerja di Kabupaten Mesuji,Rabu (31/1). Foto Misdi

Radartuba.com, MESUJI–Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D yang akrab disapa Nunik banggga dan beri apresiasi terhadap pencapaian deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kabupaten Mesuji.
Hal tersebut diungkapkan pada Road Show Kunjungan Kerja di Kabupaten Mesuji terkait Kota Layak Anak (KLA) serta menekan angka Stunting pada anak, pada kesempatan itu Nunik berucap cukup bangga dengan deklarasi ODF Kabupaten Mesuji telah diangka diatas 50%.
“ODF merupakan hal yang berkaitan dengan angka Stunting, artinya dengan pencapaian ODF di Kabupaten Mesuji, turut mendukung menekan angka stunting di Provinsi Lampung terkhusus Kabupaten Mesuji,” Ungkap Nunik.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Mesuji, Yanuar Fitrian, S.Km., MM menyampaikan, Stunting di Mesuji tercatat diangka 28%.
“Angka stunting kita terbilang stabil, tidak terlalu tinggi, namun juga menjadi perhatian kita,” Jelas Yanuar Kepada Radar Tuba,Rabu (29/1).
Yanuar menambahkan, terkait ODF, menjadi tugas bersama, bukan hanya Dinas Kesehatan, sehingga 2020 Kabupaten Mesuji deklarasi ODF 100%.
“Kita sudah ODF kan 56 Desa, harapan kita 2020 kita sudah deklarasi ODF di Kabupaten Mesuji, namun kita berharap semua unsur terlibat,” Ungkapnya.
Dia berharap ,Desa yang belum ODF dikategorikan dalam beberapa golongan, Golongan berat itu berada pada Desa-Desa tua di perairan.
“Untuk Desa dengan golongan berat, kita minta dinas PUPR untuk terlibat disana, kita juga telah bergerak turun dalam mengkampanyekan ODF baik ke daerah perairan, maupun daerah darat, agar harapan kita tercapai untuk hal ini,” pungkasnya.(cw1/mis)