Musyawarah Kampung Sidomulyo Verifikasi dan Validasi BDT Tahun 2020

91

Radartuba.com, PENaWARTAMA– Basis Data Terpadu (BDT) merupakan sebuah sistem yang digunakan Pemerintah Pusat untuk merencanaan program dan mengidentifikasi nama serta alamat calon penerima bantuan sosial, baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan kriteria-kriteria sosial-ekonomi, Sabtu (25/01).

Darmanto, SH Kepala Kampung Sidomulyo menuturkan “BDT berisi informasi sosial-ekonomi dan demografi dari sekitar 40% penduduk di Indonesia yang paling rendah status kesejahteraannya.

Lanjutnya, selain digunakan untuk melakukan analisis atau perencanaan program penanggulangan kemiskinan Pemeritah Pusat, data ini juga digunakan untuk menetapkan sasaran penerima manfaat program-program perlindungan sosial.

Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang memberikan kesempatan kepada setiap Pemerintah Kampung untuk melakukan update ataupun validasi data BDT. Update ini bisa hanya perbaikan data BDT ataupun pengusulan baru BDT.
Perbaikan disini dimaksudkan jika mungkin ada perubahan aset, pekerjaan, ataupun tambahan anggota keluarga baru dalam satu keluarga (KK), jelas Darmanto, SH kepada Radar Tuba.

Pemerintah Kampung Sidomulyo menggelar Musyawarah Kampung untuk validasi BDT.
Turut dihadiri oleh seluruh Aparatur Kampung ketua RT/RW, ketua BPD dan anggota, Babinkamtibmas Sidomulyo, LPMK, TP PKK, Karang Taruna, PSM, Mahasiswa/i KKN Unila, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Keluarga Penerimaan Manfaat, kata Darmanto,SH.

Ia menjelaskan , bahwa tujuan diadakannya Musyawarah ini adalah untuk bersama-sama melakukan perbaikan data atau pengusulan baru BDT.
Pemerintah Kampung Sidomulyo melibatkan Ketua RT/RW karena dirasa mereka lebih mengetahui bagaimana keadaan sehari-hari warga sekitar, mulai dari rumah, anggota keluarga maupun segala asset yang dimiliki.

Pada Musyawarah Kampung yang bertempat Di Balai Kampung Sidomulyo ini, seluruh ketua RT/RW diberikan sosialisasi terkait cara pengisian form BDT.
Ketua RT wajib meng-update data warga yang sudah masuk BDT ataupun mengusulkan baru bagi warganya yang tidak mampu dan belum masuk dalam BDT, tambahnya.

BACA JUGA:  Antusias Aparat Kampung Mekar Asri Songsong HUT TUBA Ke-22

Form data BDT ini berisi Keterangan sosial ekonomi anggota rumah tangga yang meliputi nama, jenis kelamin, tanggal lahir, umur, kecacatan atau penyakit menahun yang mungkin dimiliki, status perkawinan, pendidikan, serta kegiatan ekonomi (pekerjaan) anggota rumah tangga, ucapnya.

Lanjutnya, Selain itu berisi pula status kesejahteraan berdasarkan berbagai variabel meliputi keterangan rumah tangga, kepemilikan aset, dan lain-lainnya. Data yang telah dihimpun tersebut nantinya akan diinput pada aplikasi SIKS-NG (System Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation) oleh operator.
Setelah semua diinput lalu operator akan mengirimkan data kepada pihak Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang.

Sementara, tugas Pemerintah Kampung hanya sampai disini, tidak dapat memutuskan secara pribadi karena verifikasi akhir tetap pada keputusan Kementrian Sosial Republik Indonesia, ucap Darmanto, SH.

“Dengan adanya sinergi Pemerintah Kampung dengan seluruh Lapisan Masyarakat data BDT Kampung Sidomulyo benar-benar sesuai dengan kenyataan Di lapangan. Selain itu Pemerintah Kampung Sidomulyo juga berharap segala bantuan apapun dari Pemerintah Pusat nantinya tepat sasaran.
Untuk mewujudkan itu langkah awal yang harus dilakukan adalah update atau perbaikan data BDT, harap Darmanto,SH.

Musyawarah Kampung tersebut berjalan lancar dan aktif, semua yang hadir tampak antusias dalam update BDT ini.
Karena bagaimanapun masalah penanganan dan penganggulangan kemiskinan Di Kampung Sidomulyo adalah tanggung jawab bersama Pemerintah Kampung beserta seluruh warga Kampung Sidomulyo, tutup Darmanto,SH. (Bud)