Dukung KLA, Nunik Berharap Pemda Mesuji Segera Miliki Perda Layak Anak

23
Wakil Gubernur Lampung saat melaksanakan senam bersama masyarakat Mesuji pada Roud Show Kabupaten Layak Anak di Mesuji. Foto Rangga

Radartuba.com, MESUJI-Wakil Gubernur (Wagub) provinsi Lampung, Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D atau akrab di sapa Nunik,melaksanakan Roud Show Kota Layak Anak (KLA) di kabupaten Mesuji yang dipusatkan di lapangan desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya,Rabu  (29/1) 

Usai melaksanakan senam bersama masyarakat Mesuji, Nunik langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) KLA bersama jajaran dan dinas terkait untuk percepatan KLA di kabupaten Mesuji.

Ia menyampaikan, beberapa hal yang perlu dipenuhi Pemerintah Daerah (Pemda) Mesuji dalam mendukung KLA tersebut, salah satunya dengan menerbitkan peraturan daerah (Perda) layak anak.

“Mesuji harus segera terbitkan perda layak anak, seharusnya dengan unsur pimpinan DPRD yang dikomandoi oleh wanita, Perda ini bisa lebih cepat direalisasikan,” jelas Nunik (29/1).

Dia berharap , agar sebelum bulan maret untuk melengkapi PR yang belum diselesaikan tersebut yaitu membentuk forum anak daerah.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19, Kabupaten Mesuji Serentak Lakukan  Penyemprotan Desinfektan

“PR lain yang perlu yaitu membentuk Forum Anak Daerah, Sekolah Layak Anak, Puskesmas Layak Anak, serta Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, plelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan danPerlindungan Anak (DP2KBP3A), Herawati, didampingi kepala bidang (Kabid) Perlindungan Anak (PA), Sri Fuji Hasibuan menyikapi optimis menjalankan PR tersebut untuk menuju kabupaten Mesuji KLA bulan maret mendatang.

Hera menegaskan  beberapa PR yang disebutkan oleh Wagub tersebut telah dijalankan, seperti perda layak anak sudah disususn naskah akademik yang bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) di tahun 2018, itu sudah rampung tahun 2019, untuk naik ke Perda saat ini sudah masuk dalam pembahasan dan Prolekda DPRD Kabupaten Mesuji.

“Kita sudah konsultasikan bersama unsur pimpinan,sebelum Maret perda itu  sudah ada,”pungkasnya. (cw1/mis)