Saply Hadiri HUT Ke-19 Kecamatan Rawa Jitu Utara

60
Plt. Bupati Mesuji H. Saply TH bersama Wakapolres Mesuji, Danramil 426-01/Mesuji, dan Plt Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji saat menghadiri Hari Jadi ke-19 Kecamatan Rawajitu Utara di halaman Kantor Kecamatan Rawajitu Utara,Sabtu (25/1). Foto Humas Mesuji

Radartuba.com, MESUJI-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Rawajitu Utara (RjU) yang ke-19, pihak kecamatan RjU menggelar acara tasyakuran dan makan bersama dengan menyiapkan sebanyak 40 nasi tumpeng.
Acara yang digelar di halaman Kantor Camat RjU, Desa Panggung Jaya, Sabtu (25/1), berlangsung meriah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji H.Saply.TH,didampingi Ketua TPKK Hj.Nelly Wati Saply,Wakapolres Mesuji Kompol.Jonny, Danramil Simpang Pematang, Mayor.Chairul, Staf Ahli Hamdani, Kepala Dinas PMD Sunardi Nyerupa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Syamsudin.S.Sos., Plt Kadis PUPR Andi Nugraha, Plt Kadis Kesehatan Yanuar, Camat Rawa Jitu Utara Samijo.A.MAPD., Camat Mesuji Iwan Harahap, Camat Way Serdang Anwar Pamuji, Camat Mesuji Timur Tarbin Putra, Kepala Puskesmas Panggung Jaya Yeti Astianti.S.ST., Kasubsektor Rawa Jitu Utara. Ipda Yuliakrianto, Danramil Rawajitu Utara 0426, Mayor Haris Nusantara.

Selain itu, puluhan mahasiswa KKN dari Universitas Lampung yang sedang mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) turut meramaikan acara tersebut.

Dalam sambutan Camat Rawajitu Utara Samijo Ama. Pd., menceritakan sejarah singkat terbentuknya Kecamatan Rawa Jitu Utara Berdasarkan putusan Peraturan Daerah Tulang Bawang, Nomor 01 tahun 2001.

Dimana Kecamatan Rawa jitu Utara berasal dari Transmigrasi Lokal (Translok) dimasa orde baru yang di programkan untuk pemerataan penduduk, yaitu program transmigrasi lokal itu dimulai sejak tahun 1988-1995.

Saat itu, penduduk Rawa Jitu Utara ini kebanyakan merupakan pendatang dari Kabupaten Lampung Selatan (Padang Cermin, Pulau Panggung, Wonosobo) dan sebagian dari Kabupaten Lampung Utara (Sumber Jaya).

“Jaman sakmono jaman pait, sedih untuk diceritakan,” ucapnya.

Ditambahkan Samijo, bahwa kini, Kecamatan Rawajitu Utara sudah banyak kemajuan mulai dari pembangunan Infrastruktur Jalan Kabupaten hingga mudahnya jaringan komunikasi (Signal) yang selama ini menjadi salah satu kesulitan masyarakat di wilayah kerjanya.

BACA JUGA:  Lestarikan Menu Masakan Daerah, Pemkab Datangkan Narasumber dari Meranjat-Sumsel

Berdasarkan Undang-undang Nomor 49 tahun 2008 tentang berdirinya Kabupaten Mesuji yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang.
Sejak saat itu, Kecamatan Rawa Jitu Utara masuk Otonomi Daerah Bumi Ragab Begawe Caram.

“Saat ini usia Kecamatan Rawa Jitu Utara sudah 19 tahun, banyak perubahan dan perkembangan, sejak terbentuknya Kabupaten Mesuji.
Saya mewakili masyarakat RjU khususnya, mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Mesuji H.Saply.TH., kami sangat bangga dan akan selalu mendukung program pemerintah Kabupaten Mesuji, ‘Mesuji Jaya, Bersama Membangun Berkelanjutan,” tutupnya.

Bupati mesuji Saply.TH.,Menghimbau kepada Masyarakat Agar Peringatan Ulang Tahun Kecamatan Rawa Jitu Utara ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai peringatan seremonial warga masyarakat dan aparatnya. Namun, harus dijadikan sebagai evaluasi sejauh mana kontribusi kita bagi kemajuan kecamatan ini.

Selain itu, peringatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menggugah kembali rasa memiliki, rasa kecintaan, dan kebanggaan terhadap Kecamatan Rawa Jitu Utara yang diharapkan mampu semakin memotivasi dan menggelorakan semangat pengabdian seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat, serta meningkatkan kebersamaan untuk membangun Kecamatan Rawa Jitu Utara dan Kabupaten Mesuji pada umumnya.

Dengan bertambahnya usia ini, saya berharap Kecamatan Rawajitu Utara dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang. Mari bersama-sama kita berikhtiar dan berdoa demi kebaikan dan kemajuan Kecamatan Rawajitu Utara, serta turut menyukseskan program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mesuji. (ogi)