Bule Asal Rusia Bersyahadat Di Tubaba

8

Radartuba.com, TUBABA-Bersyahadat di Tiyuh Pagardewa, tepatnya di lokasi makam Hi. Minak Pati Pejurit Hidayatullah, Moris Sakhaia, turis asal Rusia, dan memulai Solat Zuhur di Talang Kappung, Benteng Sabuk, Tiyuh Gunungkatun, Kecamatan Tulangbawang Udik, Tubaba, Sabtu (25/1).

Syahadat pertama dipandu oleh Hermani S.P. Tokoh Masyarakat Adat Mego Pak disaksikan oleh9 Bupati Umar Ahmad, S.P. dan seratusan warga serta para tamu turis lainnya yang merupakan pemateri dalam acara Sharing Time : Megalitic Millenium Art.Sejak 22-26 ini.
Hidayah itu menurut keterangan Moris Sakhaia, ia terima sejak tiga tahun lalu. Saat itu ia bermimpi dan mulai membaca terjemahan Al-Quran di Negara Rusia. Selain itu, sebelumnya ia bermimpi tentang agama Islam yang menurutnya baik bahkan sangat baik untuknya.
Karena itulah, di Ruang Lokasi Makam Haji Minak Pati Pejurit ia langsung memantapkan hati dan diri untuk memeluk agama Islam.

BACA JUGA:  Pelajar dan Wajib KTP Pemula Ikut Perekaman E-KTP di Sesat Agung

Pengambilan wudhu untuk Solat Zuhur pertama kali pria yang sebelumnya menganut Ortodoks Rusia ini dipandu oleh Kadis Pendidikan Tubaba, Budiman Jaya, S.P., bersama Umar Ahmad.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad merasakan kebanggaan dan bahagia yang luar biasa, karena acara yang menghadirkan para pemateri dari sebelas negara ini bukan hanya menancapkan ilmu pengetahuan, nilai-nilai kesenian dan juga keluhuran budaya, tetapi juga agama.
Orang nomor satu di Tubaba ini berdoa agar Moris dapat istiqomah dengan agamanya yang diyakininya kebenarannya. “Mudah-mudahan mr Moris bisa selalu istiqomah. Doa kami selalu untuknya,”ungkap Umar.
Sementara itu, Kadisdik Tubaba, Budiman Jaya mengharapkan agar Moris mencari pendamping sehingga dapat membimbingnya untuk mendalami Agama Islam. (fei)