Masih Kemarau, Petani Di RjU Kebingungan

45

Radartuba.com, MESUJI-Hingga kini Petani di Wilayah kecamatan Rawajitu Utara (RjU) kabupaten Mesuji belum bisa menanam padi di areal persawahan mereka.Pasalnya meskipun di daerah lain sudah musim penghujan dan ada juga yang sudah kebanjiran namun di daerah RjU hingga kini hujan belum turun dan masih kemarau.
Santo salah satu petani dari desa Panggung jaya Kecamatan RjU mengatakan bahwa di desanya sudah lama tidak turun hujan dan sawah miliknya mengalami kekeringan hingga terlihat retak-retak akibat hujan belum turun maksimal di wilayahnya hingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat setempat karena terlambat menanam padi.
“Ya didaerah lain sudah turun hujan bahkan sampai banjir-banjir tapi di tempat kita boleh dibilang masih kemarau,dan akhirnya kami terlambat untuk menanam padi,” jelasnya,Minggu (19/1).
Biasanya, menurut Santo bulan Januari untuk musim tanam sudah selesai,namun karena sawah mereka hingga kini belum terairi oleh air maka belum bisa di tanami padi dan akhirnya tidak bisa tanam padi tepat waktu seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Hujan hingga kini belum turun padahal modal tanam sehelumnya sudah kami persiapkan karena tidak kunjung hujan maka modal itu kami pakai untuk keperluan kami sehari-hari dan kami kuatir jika hujan datang dan sawah kami sudah dialiri air kami tidak punya modal tanam karena modal kami habis,” imbuhnya.
Santo berharap pemerintah daerah kabupaten Mesuji bisa membantu para petani diwilayahnya dengan membuatkan sumur Bor dengan kapasitas besar agar saat seperti sekarang bisa ditanggulangi,terlebih saat padi sudah besar dan mengalami kekeringan karena air akan menjadi payau.
“Ini derita kami pak sebagai petani jadi kalaupun pemerintah bisa membantu,kami akan sangat senang dan masalah seperti sekarang bisa ditanggulangi,” ungkapnya.(mis)