Pemkab Tubaba Dorong Graduasi Mandiri KPM PKH

30

Radartuba.com, TUBABA- Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan terus mendorong kesadaran masyarakat khususnya Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Sejahtera (KPM PKH) agar secara ikhlas mengundurkan diri sebagai penerima manfaat program Kementerian Sosial (Kemensos) ketika sudah mampu, baik secara ekonomi maupun sosial (Graduasi Mandiri).

Hingga saat ini, Dinas Sosial Kabupaten Tubaba mencatat sebanyak 353 KPM PKH di Tubaba sudah menyatakan keluar dari kepesertaan PKH secara graduasi mandiri. Hal ini diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tubaba, Somad, SP.”Itu baru data dari Kecamatan Tulang Bawang Udik, Tumijajar, dan Way Kenanga,”terangnya kepada radartuba.com melalui telepon, Senin (13/1/2020) siang.

Somad menjelaskan, graduasi mandiri ditujukan kepada KPM PKH yang sudah bisa lepas dari program bansos selama ini. Artinya, proses graduasi itu untuk penerima manfaat yang dinilai telah mandiri secara ekonomi serta tidak lagi memenuhi syarat kondisional sebagai KPM PKH.”Yang jelas belum semua kecamatan, tapi kita akan terus bergerak bersama pendamping PKH untuk mendorong kesadaran masyarakat,”ujarnya.

Menurutnya, selain pendataan yang dilakukan secara bertahap, hal ini tentunya harus didukung kesadaran dari KPM PKH itu sendiri. Artinya, bagi yang sudah mampu diharapkan dapat mundur secara sukarela dari kepesertaannya sebagai KPM PKH.”Hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tanpa didukung kesadaran dari KPM, tentu akan menghambat proses graduasi KPM PKH yang sedang berjalan,”cetusnya.

BACA JUGA:  UMK Tubaba Tunggu SK Gubernur

Di satu sisi, pihaknya sangat mengapresiasi mereka yang secara ikhlas telah mengundurkan diri. Bahkan, sebagai bentuk apresiasi atas kesadaran KPM PKH tersebut, Kemensos RI memberikan sertifikat kepada setiap KPM tang secara sukarela mengundurkan diri sebagai KPM PKH.”Hal ini adalah bentuk motivasi kepada mereka yang telah keluar dari PKH. Kedepan, upaya akan terus kita lakukan, baik dengan cara edukasi ataupun persuasif (pendekatan),”pungkasnya. (ded)