Bupati Tubaba Ditetapkan Sebagai Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat

18
Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP, saat berhasil lolos sebagai penerima Anugerah Kebudayaan PWI,Kepastian ini tertuang dalam Surat Keterangan Panitia Pusat HPN 2020 No: 49/PWI-P/HPN2020/1/2020. Foto Ist For Radar Tuba

Marcella Zaliyanti “Tantang” Filmkan Tubaba Umar Ahmad :Terima Kasih Atas Dukungan Semua Pihak

Radartuba.com, JAKARTA-Setelah berhasil membuat dewan juri kagum dan terpukau atas presentasinya, Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hi. Umar Ahmad, SP akhirnya berhasil lolos sebagai penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat. Kepastian ini tertuang dalam Surat Keterangan Panitia Pusat HPN 2020 No: 49/PWI-P/HPN2020/1/2020, yang diterbitkan di Jakarta tanggal 9 Januari 2020 dan ditandatangani oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Yusuf Susilo Hartono, dan Ketua Dewan Juri Nungki Kusumastuti.
Ditetapkannya Bupati Umar Ahmad sebagai penerima anugerah oleh Dewan Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tersebut setelah melalui tahapan penilaian proposal dan presentasi secara langsung tentang Konsep Pembangunan Berbasis Kebudayaan di Kantor PWI Pusat- Jakarta pada 9 Januari 2020. Penghargaan bergengsi tersebut akan diserahkan pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 di Banjarmasin-Kalimantan Selatan pada tanggal 7-9 Februari mendatang, yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.
“Kami ucapkan selamat. Semoga penghargaan ini bermanfaat, dapat memotivasi dan menginspirasi pemajuan kebudayaan di daerah, dan pembangunan berbasis kebudayaan. Seperti pernah dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo bahwa DNA bangsa Indonesia itu seni budaya, dan pengakuan UNESCO 2017 bahwa Indonesia adalah negara super power di bidang kebudayaan,”tulis Panitia Pusat HPN 2020 dalam surat tersebut.
Dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Yusuf Susilo Hartono selaku Ketua Panitia Anugerah Kebudayaan membenarkan bahwa Bupati Umar Ahmad ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat.”Surat keterangan tentang penerimaan penghargaan itu, sudah disampaikan. Pada puncak Hari Pers Nasional di Kalimantan Selatan yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, akan diberikan kepada pak Umar. Semua pemaparan kepala daerah yang hadir sangat menarik dan luar biasa, dan tentunya kami tunggu undangan dari pak Umar untuk melihat Tubaba lebih dekat,”singkatnya.
Sementara itu, dihadapan Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian, Bupati Tubaba Umar Ahmad, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Ketua dan seluruh Pengurus PWI Pusat dan Dewan Pers atas dukungan yang diberikan dalam mewujudkan pembangunan berbasis budaya.”Penghargaan yang diberikan, bagi saya sangat berharga, terima kasih atas penilaian dan dukungan semua pihak, terutama para wartawan senior, seniman dan budayawan, serta para insan pers di Lampung khususnya di Tubaba,”kata Bang Umar, sapaan akrabnya, Jum’at (10/1) di Dharmawangsa Jakarta.
Pada kesempatan itu, Umar berharap Tubaba mendapatkan jati diri yang berkarakter dan bernilai Kebudayaan. “Saya yakin kebaikan terhadap alam semesta akan terbalas dengan Anugerah kebaikan Allah SWT,” ungkapnya
Marcella Zalianty bintang film Sinetron Shepia yang saat itu sedang berbincang dengan Bupati Umar Ahmad, mengaku sangat tertarik dengan konsep pembangunan di Tubaba, dan menyampaikan ungkapan kagumnya. “Saya siap ke Tubaba pak Umar, kapan bisa kesana. Konsep bapak sepertinya belum ada yang seperti pak Umar. Kepala daerah yang mengedepankan pembangunan berbasis kebudayaan yang menurut saya sangat menarik sekali. Atau kita buat film aja di Tubaba pak, itu cara yang tepat untuk mengedukasikan nilai-nilai Kebudayaan di Tubaba secara Nasional,” ungkap Marcella.
Menurut Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2005 itu, peran media itu penting terutama Pers.”Kalau mau dikenal daerahnya maju dan dapat memajukan daerah, ya informasinya yang bernilai positif, kalau gak ya sulit untuk maju. Jadi Pers punya peran dalam memajukan daerahnya,” pungkasnya.(*/ded)