Camat Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

40

Radartuba.com, TUBATENGAH-Seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Tulang Bawang Tengah (Tuba Tengah) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dihimbau agar terus menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Mengingat, kebersihan lingkungan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan masyarakat, terlebih saat ini intensitas hujan semakin meningkat yang dapat menyebabkan genangan air.

Camat Tuba Tengah Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP mengatakan, masyarakat harus ikut berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan, khususnya di kecamatan setempat.”Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu bentuk peran serta yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat,”ungkapnya kepada radartuba.com, Sabtu (4/1/2020) pagi.

Menurutnya, kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat  mempengaruhi kesehatan masyarakat. Semakin sehat kondisi lingkungan, tandasnya, kesehatan masyarakat yang menempatinya pun dapat lebih terjaga.”Penyebab gangguan kesehatan pada masyarakat salah satunya disebabkan oleh keadaan lingkungan yang kotor, sebab kondisi seperti itulah yang dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri, kuman, ataupun bibit-bibit penyakit lainnya. Jadi, kebersihan lingkungan memang benar-benar harus terjaga,”terangnya.

Dalam hal ini, kebersihan lingkungan tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak-pihak tertentu saja, melainkan seluruh elemen masyarakat bersama-sama harus terus berupaya dalam menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.”Sehingga harapan kita kedepan dengan terciptanya kebersihan lingkungan tersebut adalah kesehatan masyarakat di kabupaten ini dapat terus terjaga,”ujarnya.

BACA JUGA:  Besok, Mantra Tubaba di Launching

Achmad Nazaruddin menambahkan, pihaknya akan terus mendorong masyarakat agar dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih. Dia juga menegaskan agar aparatur tiyuh dalam hal ini juga harus ikut mendorong warganya untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.”Apalagi saat ini musim hujan. Genangan air sangat berpotensi menjadi sarang bibit penyakit, begitu juga saluran drainase juga harus bersih agar aliran air menjadi lancar. Saya berharap, kegiatan gotong royong dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dapat digerakkan di tiyuh-tiyuh,”pungkasnya.(ded)