RSUD RBC Mesuji, Sandang Predikat BLUD

197

Radartuba.com, MESUJI -Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram (RSUD-RBC) Kabupaten Mesuji sudah dinyatakan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) setelah dinyatakan lulus oleh tim penilai dengan pencapaian nilai 76 dari minimal 61 nilai yang harus dicapai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur RSUD-RBC dr. Hotmaida Verawati. S (dr. Hoti), bahwa Perubahan RSUD menjadi BLUD berdasarkan Undang-Undang UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit yang mengharuskan pemerintah daerah supaya manajemen rumah sakit menganut Pola PPK-BLUD.

“Sebanyak 5 RSUD yang ada di Provinsi Lampung belum BLUD, salah satunya Kabupaten Mesuji, berdasarkan keputusan tim penilai yang melakukan penilaian pada Senin (30/12), ditetapkan pada Selasa (31/12) RSUD-RBC lulus BLUD dengan nilai 76, artinya kita tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) bupati untuk secara resmi menyandang BLUD,” jelas dr. Hoti saat ditemui Radar Tuba di Ruang Kerjanya (31/12).

BACA JUGA:  Dinkes Mesuji Rapid Tes 17 Petugas Pintu Tol Simpang Pematang

Ia menambahkan, nantinya setelah dikeluarkannya SK Bupati, langkah awal yang akan dilakukan adalah penyusunan Rencana Bisnis Anggaran.

“Awal Januari 2020 kita ajukan penerbitan SK Bupati, setelah itu baru kita bisa susun Rencana Bisnis Anggaran, selain itu PR kita adalah terus meningkatkan pelayanan, agar RSUD-RBC menjadi pilihan untuk fasilitas kesehatan (Faskes),” Sebutnya.

Ia menjelaskan lagi, di usia operasional RSUD yang masih tergolong baru, menjadi tantangan besar untuk BLUD.

“Ya RSUD kita tergolong baru,namun di tahun pertama kita sudah akreditasi, saat ini kita BLUD, ini menjadi tantangan sekaligus kebanggaan bagi kita bersama,” pungkasnya.(cw1/mis)