Langka, Buah Durian Sangat Di Gemari Masyarakat Mesuji

41

Radartuba.com, MESUJI-Ternyata buah durian sangat digemari oleh masyarakat Mesuji,terbukti pedagang durian dari Muara Dua Kabupaten Ogan Kumering Ulu (Oku) Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) laris manis diserbu pembeli saat menggelar dagangannya di seputaran Tugu macan desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Mesuji, Selasa (31/12).

Syamsudin (34) Pedagang dari Muara Dua mengaku senang berjualan di Mesuji.Pasalnya, para pembeli khususnya orang-orang di Mesuji tidak terlalu banyak bicara saat menawar buah durian dan itu yang membuat Udin panggilan akrab Syamsudin senang berjualan di wilayah Mesuji.Selain itu menurut Udin setiap berjualan di Mesuji pasti pulang membawa untung.

“Ya saya senang berjualan disini karena pembelinya tidak rewel asal duriannya saat dicoba manis langsung di bayar,” jelasnya.

Udin mrnjual buah durian di Mesuji dengan harga berfariasi dari harga Rp.20.000-60.000 tergantung besar dan kecilnya buah durian yang dibawanya dengan menggunakan mobil Suzuki Carry.”Buah durian harganya bervariasi dari dua puluh sampai enam puluh ribu rupiah,”imbuhnya.

Sementara itu menurut Mardi salah satu pembeli mengatakan bahwa durian memang hampir disukai oleh semua kalangan baik dari yang muda sampai yang tua baik laki-laki maupun perempuan baik masyarakat desa maupun masyarakat perkotaan.”Durian memang banyak yang suka kecuali kalau orang yang kena darah tinggi dia tidak mau makan karena takut tensinya naik,”kata Mardi sambil tertawa.

BACA JUGA:  Novelis Riswo, Lahirkan Novel Ketiganya "Ketika Cinta Menabrak Dinding Tuhan"

Diketahui buah durian penting bagi kesehatan manusia. Dengan daging buah bertekstur krim serta bau yang tajam, buah ini banyak dinikmati di kawasan Asia. Durian memiliki banyak penggemar, tapi tak jarang orang menghindarinya karena baunya yang menyengat.

Buah yang dijuluki raja buah ini memiliki beragam nutrisi. Manfaat buah durian didapat dari kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan. Manfaat buah durian dinilai dapat mencegah penyakit jantung, melawan infeksi, dan menurunkan gula darah.(mis)