Jelang HPN 2020, Bupati Umar Ahmad Ditetapkan Sebagai Calon Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat

22
Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP (kemeja hitam), bersama para tokoh adat di daerah setempat saat menyaksikan Festival Budaya di Taman Budaya Uluan Nughik beberapa waktu lalu. (Ist)

Radartuba.com, TUBABA-Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hi. Umar Ahmad, SP terpilih sebagai salah satu calon penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang akan dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Februari 2020 mendatang. Hal ini berdasarkan Surat Terbuka yang disampaikan oleh Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, tertanggal 27 Desember 2019.

Berdasarkan surat itu, diketahui bahwa Bupati Umar Ahmad lolos bersama dengan 9 (sembilan) kepala daerah lainnya setelah melalui seleksi ketat, bersaing dengan 30 bupati/walikota dari 18 provinsi di Indonesia. Selanjutnya, bagi Bupati/Walikota yang telah ditetapkan sebagai Calon Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tersebut berhak maju ke tahapan berikutnya, yakni ke babak presentasi di PWI Pusat-Jakarta pada tanggal 8-9 Januari 2020.

Sebelum ditetapkannya 10 kepala daerah tersebut, Dewan Juri telah melakukan penilaian terhadap proposal yang diajukan oleh masing-masing daerah. Ada 3 (tiga) kategori yang menjadi acuan Dewan Juri dalam penilaian tersebut,   yakni Daerah/kota yang ada di dalam wilayah/dekat Ibukota Negara RI, Daerah/ kota yang berada/dekat ibukota provinsi, dan Daerah/kota yang jauh dari ibukota provinsi.  

Tidak hanya itu, penilaian juga dilakukan dengan menitikberatkan pada aspek bentuk berupa penyajian proposal baik dari aspek visual, bahasa, teknik. Lalu isinya, berkaitan dengan pilihan judul/program, profil daerah dan walikota, pemanfaatan media massa/medsos, landasan peraturan daerah, kebijakan dan strategi, serta aspek pendukung.

BACA JUGA:  Kapolres Mesuji Himbau Masyrakat untuk Menjaga Kerukunan Umat

Ada 5 (lima) orang Dewan Juri yang melakukan penilaian tersebut, terdiri dari 4 (empat) orang berbasis wartawan, yakni Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (pengamat/penulis seni, budaya, pariwisata), Atal S.Depari (wartawan/Ketua Umum PWI Pusat), dan Yusuf Susilo Hartono (Pengurus PWI Pusat/Pemred Majalah Galeri). Satu orang berbasis akademisi (penari, bintang film, Dosen Institut Kesenian Jakarta, Direktur IDF), yang disepakati sebagai Ketua Dewan Juri. (ded)

Berikut 10 bupati/walikota Calon Penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat :

-Walikota Tangsel, Banten, Airin Rachmi Diany
-Walikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ibnu Sina 
-Walikota Ambon, Maluku, Richard Louhenapessy
-Bupati Tubaba, Lampung, Umar Ahmad
-Bupati Halmahera Barat, Danny Missy
-Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Soekirman
-Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Hj. Indah Putri Indriani 
-Bupati Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Hj. Badingah
-Walikota Baubau, Sulawesi Tenggara, AS Tamsir
-Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani