Musim Hujan, BPBD Mesuji Mulai Antisipasi Terjadinya Banjir

34

Radartuba.com, MESUJI–Sebanyak tujuh kasus banjir terjadi di beberapa lekasi di Kabupaten Mesuji sepanjang Januari hingga Desember 2019 yang berlangsung di triwulan pertama menyebabkan peningkatan kesiap siagaan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mesuji.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Drs. Syahril. S, MH menjelaskan, masuknya musim hujan untuk Desember 2019 menjadi peringatan untuk menghadapi dampak yang ditimbulkannya.

“Sebanyak 7 kasus banjir sepanjang Januari-Maret 2019 menjadi bahan evaluasi kita, kita mengupayakan agar meminimalisir dampak dan upaya pencegahannya, upaya yang kita laksanakan ialah menghimpun informasi dari kejadian bencana dari tingkat desa melalui media sosial (Group Whatsapp),” jelas Syahril saat ditemui Radar Tuba di ruang kamis (26/12).

BACA JUGA:  Kebakaran di Mesuji, Tim Gabungan terus berupaya madamkanĀ  Api

Selain itu, BPBD juga menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) selama 24 Jam dalam upaya kesiapan jika terjadi bencana (banjir) sewaktu-waktu.

“Bencana alam yang terjadi merupakan tugas bersama, bahu membahu, terutama pada Pemerintah Daerah terkait, bukan hanya BPBD saja” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada musim kemarau kabupatrn Mesuji juga mengalami dampak kekeringan pada beberapa desa dan kecamatan.

“Ada 23 kasus kebakaran yang terjadi selama musim kering (Kemarau), serta kasus angin puting beliung, serta kita temukan beberapa perusahaan yang dengan sengaja membakar lahan untuk tujuan peremajaan, itu kita beri peringatan untuk pemadaman, karna kita tidak ingin hal itu berdampak kepada masyarakat luas,” pungkasnya.(cw1/mis)