Satu Kursi Eselon II Dikosongkan dan Lima Camat Dilantik

46

Radartuba.com, TUBABA– Hasil rotasi 10 pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) di Lingkungan Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengosongkan 1 (satu) kursi kepala dinas, yakni Dinas Sosial. M. Rasidi, SH yang mendudukinya dirotasi ke kursi Asisten bidang Administrasi Umum dan Keuangan (Asisten III) menggantikan Perana Putera, SH, MH yang dilantik sebagai Kepala Inspektorat (Inspektur) Kabupaten Tubaba.

Selain itu, pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Wakil Bupati Fauzi Hasan, SE, MM berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (23/12) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Umar Ahmad juga merombak struktur jabatan eselon II lainnya. Antara lain jabatan Sekretaris DPRD yang sebelumnya dijabat oleh Nurmansyah, SE, MM, kini diduduki oleh Aria S. Sesunan, SE, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PP dan KB). Sementara jabatan Kepala Dinas PP dan KB berganti diduduki oleh Nurmansyah, SE, MM.

Kemudian, ada 4 (empat) pejabat eselon III yang diangkat sebagai pejabat eselon II. Mereka adalah hasil Seleksi Terbuka atau lelang jabatan yang digelar oleh Pemkab Tubaba beberapa waktu lalu Keempatnya yakni Budiman Jaya dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan, sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris sekaligus Plt. Kepala Dinas Pendidikan. Lalu Miral Hayadi, A.PI, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Administrasi Wilayah, kini menduduki kursi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Tiyuh (DPMT).

Selanjutnya Majril, S.Kep, Ns, MM yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan kini dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan. Sementara kursi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) yang juga dilelang melalui seleksi terbuka tersebut resmk diduduki oleh Novian Priahutama, SE, MM, yang sebelumnya merupakan pejabat BNN Provinsi Lampung. Sedangkan 2 (dua) pejabat lainnya yang juga turut dilantik adalah Asisten I Agus Subagio, S.Sos dan Asisten II Drs. Lekok, MM. Keduanya dilantik kembali pada posisi yang sama, hanya saja ada perubahan nomenklatur pada jabatan yang mereka duduki tersebut sehingga perlu dilakukan pelantikan kembali.

Wakil Bupati Fauzi Hasan menegaskan bahwa, pelantikan pejabat tersebut adalah sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi roda pemerintahan dan pembangunan, yang benar-benar disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh Kabupaten Tubaba, serta hasil evaluasi terhadap kesesuaian personil yang ditempatkan di masing-masing OPD.”Penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentunya akan dapat berdampak pada peningkatan kinerja apabila diimbangi dengan pengisian personil yang benar-benar tepat,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Pelatihan Design Grafis, DPMT Datangkan Tiga Narasumber

Kepada para pejabat yang baru saja dilantik, Fauzi Hasan mengingatkan agar mereka proaktif bergerak cepat mempelajari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing, sehingga dalam waktu yang singkat dapat langsung terlihat adanya perubahan atau kinerja positif perangkat daerah.” Jangan sampai terjadi pejabat tidak tahu dengan tupoksinya sendiri. Selain itu, seluruh pejabat harus berupaya untuk memahami atau menguasai Teknologi Informasi, karena untuk ke depan penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan publik akan semakin banyak yang memanfaatkan aplikasi elektronik atau IT,”tegasnya.

Sementara itu, sejumlah pejabat mengaku bingung, karena ikut dalam pelantikan, namun belum tahu dimana dia diposisikan. Hal ini wajar, mengingat BKD belum mengeluarkan daftar (minut) nama-nama pejabat yang dilantik beserta posisi tugasnya.”Sampai sekarang saya belum tahu pasti dimana posisi saya, tapi tetap eselon III. Karena minutnya kita belum tahu, untuk jelasnya kita tunggu SK saja,”ungkap salah satu pejabat Eselon III saat dikonfirmasi radartuba.com.

Hasil pantauan di lokasi pelantikan, tampak beberapa pejabat juga dilantik sebagai camat, antara lain Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP yang sebelumnya adalah Kabid Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; Haderiansyah Priala Hatang, S.STP, MH, Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa; Dahyi Adi Jaya, SE yang diketahui sebelumnya merupakan Plt. Camat Tulang Bawang Tengah; Iskandar, SE, MM, tadinya menjabat sebagai Sekretaris Korpri; lalu Eriko Fernando, SE,MM, sebelumnya adalah Kasi pada Disnakertran (ded)