Jelang Akhir Tahun, Bupati Umar Ahmad Rotasi 89 Pejabat

87

Radartuba.com, TUBABA– Menutup akhir tahun anggaran 2019, Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hi. Umar Ahmad, SP merotasi 89 pejabat di lingkungan pemkab setempat, terdiri dari 10 orang pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (esselon II), 47 pejabat adminsitratur (esselon III), dan 32 pejabat pengawas (esselin IV). Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Wakil Bupati Fauzi Hasan, SE, MM berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (23/12) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Wakil Bupati Fauzi Hasan menegaskan bahwa, pelantikan pejabat tersebut adalah sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi roda pemerintahan dan pembangunan, yang benar-benar disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh Kabupaten Tubaba, serta hasil evaluasi terhadap kesesuaian personil yang ditempatkan di masing-masing OPD.”Penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentunya akan dapat berdampak pada peningkatan kinerja apabila diimbangi dengan pengisian personil yang benar-benar tepat,”ungkapnya.

Fauzi Hasan menegaskan, para pejabat yang dilantik harus proaktif bergerak cepat mempelajari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing, sehingga dalam waktu yang singkat dapat langsung melihat adanya perubahan atau kinerja positif perangkat daerah.” Jangan sampai terjadi pejabat tidak tahu dengan tupoksinya sendiri. Selain itu, seluruh pejabat harus berupaya untuk memahami atau menguasai Teknologi Informasi, karena untuk ke depan penyelenggaraan roda pemerintahan dan pelayanan publik akan semakin banyak yang memanfaatkan aplikasi elektronik atau IT,”tegasnya. 

BACA JUGA:  Meskipun Diguyur Hujan, Safari Ramadhan Tetap Berjalan Dengan Lancar

Kemudian, kepercayaan masyarakat kepada jajaran Aparatur Pemerintah Daerah atas percepatan pembangunan yang dilaksanakan harus senantiasa dijaga dan pelihara, sehingga nantinya masyarakat pun akan tetap mendukung seluruh program kerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.”Kepercayaan masyarakat akan terpelihara apabila kita dapat membangun citra yang positif di hadapan masyarakat. Dan itu akan muncul apabila kita mampu menunjukkan kinerja yang positif pula dalam melaksanakan pelayanan publik, pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan,”ulasnya.

Wabup juga mengajak agar segenap aparatur di daerah ini dapat melakukan upaya-upaya penghematan, yaitu dengan mengedepankan pelaksanaan program kerja yang benar-benar memenuhi kriteria kebutuhan dan skala prioritas bagi masyarakat. Hal ini mengingat keterbatasan pagu anggaran untuk beberapa OPD pada APBD Tubaba Tahun 2020 mendatang. Yang tak kalah penting, segenap aparatur pemerintah di harus senantiasa menunjukkan sikap disiplin, kreatif, loyal, dan profesional dalam bekerja. 

“Dengan begitu, keberadaan saudara-saudara akan menjadi bagian yang penting dari proses kemajuan yang terjadi di bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Memanfaatkan kesempatan yang baik ini, saya juga mengingatkan bahwa seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat harus makin memahami visi dan misi daerah, sehingga pelaksanaan program dan kegiatan di seluruh OPD harus diarahkan untuk pencapaian visi dan misi dimaksud,”tukasnya.(ded)