Waspada KLB DBD, Diskes Edarkan Himbauan ke Puskesmas

41

Radartuba.com, TUBABA- Memasuki musim hujan ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menerbitkan surat edaran berupa himbauan pencegahan penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam rangka Kewaspadaan Dini terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Himbauan yang ditujukan kepada seluruh pimpinan Puskesmas di kabupaten setempat ini adalah upaya dalam mengantisipasi serangan DBD, mengingat kasus DBD di Tubaba sempat masuk kategori KLB pada 2016 silam, yakni tercatat mencapai 400-an kasus.

“Kita tidak menginginkan KLB DBD terjadi lagi di Tubaba, makanya sejak awal berbagai upaya pencegahan terus kita lakukan. Artinya seluruh perangkat yang ada kita gerakkan, bahkan hingga ke puskesmas dan tiyuh-tiyuh. Sejak jauh hari, surat himbauan Kewaspadaan Dini KLB DBD juga sudah kita edarkan ke puskesmas,”ungkap Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit pada Diskes Tubaba Eka Riyana, S.Kep, M.Kes, melalui Herlinda, SKM, MM selaku Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, saat dihubungi Radar Tuba melalui telepon, Senin (16/12) siang.

Meski begitu, lanjut Linda, himbauan tersebut tentunya tidak hanya ditujukan kepada pihak puskesmas saja, namun diharapkan dapat dilanjutkan kepada seluruh pihak terkait, terutama pemerintah tiyuh sampai kepada masyarakat.”Intinya adalah untuk menghimbau agar semua pihak dapat mengantisipasi serangan DBD sejak dini, terlebih saat ini sudah memasuki musim hujan,”ulasnya.

Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap DBD, Diskes Tubaba juga secara rutin melakukan penyuluhan di berbagai kesempatan, bahkan disertai pemberian bubuk abate kepada masyarakat. Menurutnya, pemberian bubuk abate adalah langkah awal untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.”Kalau penyuluhan memang kegiatan rutin. Diskes melalui pihak puskesmas juga terus mensosialisasikan ke masyarakat agar tetap melakukan program 3M Plus, yakni menguras, mengubur, menutup, serta menghindari gigitan nyamuk,”terangnya.

BACA JUGA:  Belasan Peserta Ikuti KB Mantap MOP Polres Tulang Bawang

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, mengingat nyamuk penyebab DBD sangat mudah untuk berkembang biak saat musim hujan seperti saat ini.”Kebersihan lingkungan harus selalu terjaga, dan peran aktif masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) harus terus dilakukan. Sebab, inilah upaya yang sangat efektif yang bisa dilakukan masyarakat dalam mencegah dan mengantisipasi DBD,”ujarnya.

Disatu sisi, Diskes juga berharap agar masyarakat segera mendatangi puskesmas terdekat jika ada yang terindikasi DBD, sebab pihaknya berharap KLB DBD tidak terjadi lagi di Tubaba.”Mudah-mudahan tidak sampai KLB, kalaupun KLB kita sudah menyiapkan logistik, cairan Malathion untuk fogging sudah siap baik di masing-masing puskesmas ataupun buffer stock di kabupaten. Alat fogging sudah kita siapkan juga dimasing-masing puskesmas,”tutupnya. (ded)