40 Desa Di Mesuji Sudah Jalankan Program PAMSIMAS

51

Radartuba.com, MESUJI-Sebanyak 40 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan yang berada di kabupaten Mesuji saat ini sudah menjalankan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang bersumber dari APBD dan APBN.

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Ridwan Zulkipli, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Bangunan Gedung Iwan Julisman, ST menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Mesuji nomor 050/2659/V.02/MSJ/2018 sebanyak 32 desa program Pamsimas dengan sumber dana berasal dari APBN, dan 8 desa program Pamsimas dengan sumber dana berasal dari APBD, dan APBD-P.

“Ya, program Pamsimas disalurkan untuk 32 Desa dengan total anggaran Rp. 7.770.500 yang bersumber dari APBN, dan sebanyak 8 Desa dengan total anggaran Rp.973.000.000 berasal dari APBD dan APBD-P sebesar Rp. 972.000.000 ,” jelas Iwan kepada Radar Tuba di Ruang kerjanya,Senin (16/12).

Ia menambahkan,dari jumlah 40 desa penerima program Pamsimas progres pengerjaan Pamsimas sudah hampir memasuki tahap 100% baik bangunan menara air (tower) Instalasi Pipa penyaluran air serta tempat cuci tangan dan MCK untuk sekolah.

BACA JUGA:  Adi Luhur dan Fajar Indah Wakili Mesuji Pada Lomba Desa dan BBGRM

“Sedangkan untuk didesa hanya ada beberapa desa yang masih proses penyelesaian penyaluran pipa, kita targetkan sampai akhir Desember 2019 ini selesai 100%,” ujarnya.

Pada tahun 2020 menurut Iwan pihaknya akan mengajukan sebanyak 19 Desa untuk program Pamsimas.

Harapannya agar terpenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi untuk setiap desa di Kabupaten Mesuji.

“Kita menghimbau, setelah diserahkan ke Desa pengelolaannya (Pamsimas), pemerintah desa dapat bekerja sama dalam perawatan dan pengawasan, semestinya di anggarkan dalam Dana Desa (DD) untuk Pamsimas, seperti instalasi pipa penyaluran air, itu sudah menjadi tanggung jawab Desa,” pungkasnya (cw1/mis)