Berkat Dana Desa, Pembangunan di Gunung Menanti Maju Pesat

20

Radartuba.com, TUMIJAJAR– Pasca bergulirnya program pemerintah pusat ke setiap desa se-Indonesia berupa Dana Desa (DD),  manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat. Seperti halnya di Tiyuh Gunung Menanti, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Di tiyuh tersebut,  pembangunan kini berjalan dengan pesat, terutama di bidang infrastruktur.

Saat berbincang-bincang dengan Radar Tuba beberapa waktu lalu, Kepala Tiyuh Gunung Menanti Hariyanto mengatakan bahwa, baik DD maupun realisasi pembangunan di tiyuh setempat mendapat dukungan positif dari masyarakat. Hal ini tentu menjadi motivasi bagi pemerintah tiyuh untuk terus memaksimalkan program pembangunan dalam rangka mendongkrak perekonomian masyarakat di tiyuh setempat.

Tidak hanya itu, semangat membangun dan membenahi fasilitas infrastruktur untuk kemajuan tiyuh semakin kentara dan dirasakan masyarakat. Hasil pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tiyuh melalui DD bisa dilihat ketika kita memasuki wilayah tiyuh tersebut. Optimisme untuk memajukan tiyuh pun kian terpancar dengan capaian pembangunan yang terus digalakkan di Tiyuh Gunung Menanti.

Seperti pada tahun 2019 ini, Pemerintah Tiyuh Gunung Menanti melalui DD tahun 2019 semakin giat melaksanakan pembangunan terutama di bidang infrastruktur. Tidak asal membanguan, namun kegiatan dilakukan sesuai dengan kebutuhan prioritas yang menyentuh masyarakat luas dan melalui perencanaan yang matang.”Tentunya, pembangunan yang kita lakukan mengacu pada kebutuhan warga. Melalui DD, semua usulan masyarakat kita upayakan direalisasikan. Artinya pembangunan desa kami yang selama ini dipandang lamban sekarang terus gencar dilaksanakan dan masyarakat pun dapat merasakan manfaatnya,”ungkapnya.

Dijelaskannya, tahun 2019 ini dilakukan pembukaan badan jalan sepanjang sekitar 4 kilometer, gorong-gorong berjumlah 13 unit yang di bangun di berberapa tempat seperti di Suku 1 sampai di suku 5. Kemudian, pembangunan Gapura 2 unit di Suku 1 dan 4, Pagar Balai Tiyuh, Drainase sepanjang 800 meter di Suku 2, 3, 4, dan 6. Lalu, Pemerintah tiyuh juga melakukan penimbunan badan jalan di 2 titik.”Yang jelas, adanya DD  sangat menunjang kemajuan pembangunan tiyuh serta membantu untuk meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat Gunung Menanti. Selain itu, juga sangat mendukung adanya pemberdayaan dan lain sebagainya,”terangnya.

BACA JUGA:  Antisipasi TKA Ilegal, Perusahaan Dihimbau Lapor

Ia berharap, semua jajaran yang ada di pemerintahan tiyuh dapat selalu ikut serta dalam mengawasi semua kegiatan pembangunan, baik fisik maupun infrastruktur pembangunan yang bersumber dari DD sebagai bentuk upaya meningkatkan pola pikir yang positif dan meningkatkan sumber daya manusia yang lebih transparan dalam penggunaan DD.”Kemudian, harapan kami untuk  pemerintah agar selalu mendukung dalam kinerja kami untuk mengelola DD yang kami prioritaskan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur lainnya, mengingat tiyuh kami termasuk pernah dikategorikan tiyuh yang tertinggal ,supaya nantinya dapat berkembang dan berdaya saing dengan tiyuh lainya,”harapnya.

Sementara itu, warga setempat mengaku sangat senang dan mendukung program DD dari pemerintah pusat. mereka yakin, jika beberapa tahun ke depan, desanya akan sangat berkembang dengan pembangunan yang merata serta manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap warga.”Dengan adanya DD, masyarakat dapat mengusulkan kebutuhan di desa mereka sendiri, dapat merealisasikannya. Kini manfaat itu pun sudah mulai kami rasakan,”ujar seorang warga.(san/ ded)