Unggul Satu Suara, Sikun Terpilih Jadi Kades Tirtalaga

79

Radartuba.com, MESUJI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar di Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji berlangsung seru. Pasalnya, dari lima calon kepala desa yang ada, semuanya memiliki potensi, dilihat dari perolehan suara yang dicapai masing-masing calon saling bersaing ketat.

Kendati demikian, meski sempat terjadi ketegangan karena selisih perolehan suara yang hanya terpaut satu suara saja, membuat saksi salah satu calon meminta hitung ulang. Namun akhirnya, Sikun yang meraih suara 248 suara, secara sah terpilih sebagai Kepala Desa Tirtalaga menggungguli lawannya Muhammad Soleh yang meraih suara 247 suara.

Menurut ketua panitia pilkades, Samuji mengatakan, bahwa di Desa Tirtalaga jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1377 pemilih, sementara partisipasi pemilih sangat antusias dilihat dari total suara yang masuk mencapai 1019 suara sah, dan 32 suara tidak sah.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar,aman dan damai,meski tadi sempat ada sedikit ketegangan, dimana saksi salah satu calon meminta untuk dihitung ulang surat suara kedua calon yang perolehan suaranya tertinggi. Akan tetapi semua sudah clear dan tidak ada masalah, semua pihak dapat menerima hasil pemilihan dengan lapang dada,”Kata Samuji kepada wartawan usai proses penghitungan surat suara, Kamis (12/12).

BACA JUGA:  Hujan Mengguyur Sebagian Wilayah Kabupaten Mesuji

Masih dijelaskan Samuji, berdasarkan hasil dari penghitungan suara secara langsung oleh panitia pilkades, disaksikan oleh para saksi dari masing-masing calon serta masyarakat Desa Tirtalaga, suara terbanyak diperoleh oleh nomor urut 3 atas nama Sikun dengan jumlah suara 248.

“Suara terbanyak diperoleh oleh calon dengan nomor urut 3 atas nama Sikun dengan jumlah suara 248. Sementara pesaingnya atas nama Muhammad Soleh nomor urut 2 memperoleh suara 247, atau hanya selisih satu suara saja,”jelasnya.

Pilkades Tirtalaga yang dimulai pukul 08.00 WIB, dan selesai pada pukul 17.25 WIB, diikuti lima calon kepala desa yakni, nomor urut satu atas nama Istiqhori dengan perolehan suara sebanyak 205 suara, nomor urut dua atas nama Muhammad Soleh dengan 247 suara, nomor urut tiga atas nama Sikun dengan 248 suara, nomor urut empat atas nama Wawan dengan perolehan 118 suara dan nomor urut lima atas nama Jumono yang meraih 201 suara.(mis)