Nikah Di KUA Gratis, Masyarakat Tumijajar Masih Banyak Pilih Nikah Pakai Biaya

41

Radartuba.com, TULANGBAWANG BARAT-Mungkin informasi menarik bagi seluruh masyarakat terutama masyarakat yang berada di pelosok desa terutama ekonomi kurang mampu, sebab saat ini Kementrian Agama RI telah menggratiskan biaya pernikahan yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA).
Namun hingga saat ini, para pengantin yang ada di daerah, khususnya yang tinggal di Kabupaten tubaba khususnya masyarakat Kecamatan Tumijajar, masih banyak yang melangsungkan pernikahan di rumah dan memilih membayar biaya pembuatan surat nikah.
“Ya Memang banyak melakukan pernikahan di rumah dan memilih untuk membayar,terbukti sampai akhir tahun 2019 ini saja cuma ada 4 pasang yang melakukan pernikahannya dikantor KUA dari 331 pasang yang menikah di rumah”Ujar Kepala KUA Tumijajar Nursalim melalui Pembantu Petugas Pencatat Nikah (P3N )Rosyidin saat di wawancarai Radar Tuba Rabu (4/12) di ruang kerjanya.
Informasi yang berhasil diperoleh melalui KUA Tumijajar,pada tahun ini tercatat sekitar 331 pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan.Empat pasang di antaranya memilih menggelar pernikahan di luar kantor KUA.
“Kalau menikah di kantor KUA gratis, tapi kalau nikah di rumah biayanya Rp 600.000 yang langsung disetor ke bank,” terangnya
Selain gratis, lanjut dia, dengan melangsungkan pernikahan di KUA, masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas kantor.
“Kalau warga di Kelurahan Dayamurni ,100 persen melangsungkan pernikahan di KUA. Sebab, kemungkinan biaya pernikahan dengan ongkos transportasi lebih murah,” pungkasnya.(san)