5 Calon Kades Perempuan Akan Ikut Bertarung Di Pilkades Serentak Mesuji

76

Radartuba.com, MESUJI--Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mesuji Kamis (12/12) pekan depan akan diikuti oleh 5 calon kades berjenis kelamin perempuan dan rata-rata merupakan pendatang baru.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)Kabupaten Mesuji Sunardi, SE melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah dan Kelembagaan Desa Marhakim, SP Pilkades mendatang ada 73 calon diantaranya terdapat 5 (lima) calon kades perempuan dan merupakan pendatang atau wajah baru.

“Ya dari 73 calon, terdapat 5 calon perempuan yang merupakan pendatang baru, ini menunjukkan bahwa perempuan juga ingin berperan dalam kemajuan pembangunan di desa,” ungkap Marhakim saat ditemui di ruang kerjanya,Kamis (5/12).

Ia menambahkan, bahwa salah satu calon kades wanita yang ada tersebut akan berebut suara dengan calon kades lain yang merupakan suaminya sendiri.

“Contoh desa Talang Batu,kecamatan Mesuji Timur, hanya ada dua calon, yang merupakan pasangan suami istri, Susi Ana dan sang suami akan memperebutkan suara dari 3276 Daftar Pemilih Tetap (DPT), ” jelasnya.

Dari pantauan radartuba.com,diketahui Desa Gedung Boga, Kecamatan Way Serdang ada dua wanita atas nama Sulastri yang suaminya merupakan mantan anggota DPRD dari partai Nasdem dan Yulida Sriwahyuni haningsih merupakan istri anggota dewan aktif dari partai Gerindra akan memperebutkan suara dari 2810 DPT bersaing bersama 2 calon kades laki-laki lainnya dan satunya merupakan Incumbent.

BACA JUGA:  Pemkab Mesuji Laksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-74

Desa Nipah Kuning Kecamatan Mesuji atas nama Septi Ana satu dari 4 calon lainnya akan bersaing mempebutkan suara dari 741DPT.

Desa Harapan Jaya Kecamatan Simpang Pematang,atas nama Yuli Meriza Kusuma salah satu dari 5 calon lain yang memperebutkan suara dari 872 DPT.

Sedangkan menurut Marhakim bahwa pada Pilkades serentak tahun 2018 terdapat 3 calon Kades perempuan dan ada satu yang mampu mengalahkan calon laki-laki yang menjadi lawannya.

“Pemilihan serentak 2018, ada 3 calon Wanita, satu diantaranya terpilih memimpin Desa tersebut, yaitu desa Panggung Rejo Kecamatan RJU,” Pungkasnya.(cw1/mis)