Reposisi Dan Kolaborasi,Poin Penting Kembangkan Bisni Di Era Industri 4.0

6

RADARTUBA.COM – Reposisi dan Kolaborasi menjadi poin penting dalam mengembangkan bisnis di era revolusi industri 4.0. Dua hal ini juga dinilai menjadi kunci dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis.

CEO PT Daanish Mika Salsa (DMS) Tours & Travel Agustam Syah mengatakan, reposisi harus tertanam dalam jiwa para pebisnis untuk memanfaatkan peluang yang ada. Sama halnya seperti Jack Ma mengurus Ali Baba, yang memasarkan segala macam jenis barang untuk menghasilkan uang.

“Dia mampu memanfaatkan posisi baru atau berbeda dari yang lain. Sehingga, semua barang dia produksi yang dianggap hal-hal kecil, tetapi justru dibutuhkan konsumen,” ujarnya saat berkunjung ke Graha Pena Radar Lampung, Jumat (29/11).

Poin selanjutnya, sambung Agus, pebisnis dapat melakukan kolaborasi untuk ekspansi dan memasarkan produk yang dihasilkan. Kolaborasi menjadi penting karena dapat saling menguntungkan alias simbiosis mutualisme.

Salah satunya bisnis media, dapat berkolaborasi dengan pebisnis lainnya yang saling menguntungkan. “Kita tak bisa bergerak sendiri, justru perlu melakukan kerja bersama untuk menghasilkan keuntungan bersama,” ujarnya.

BACA JUGA:  Presiden Akan Resmikan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar di Lampung

Dia mencontohkan, bisnis kolaborasi seperti yang dilakukan Gojek, yang mampu memanfaatkan keahlian lainnya. Gojek menerapkan kolaborasi dengan para tukang pijat, toko makanan, tukang bersih-bersih yang dikenal dengan go massage, go food dan go clean.

Agus juga mengingatkan, pebisnis harus terus produktif dan kreatif dalam mengelola bisnis. “Learning by doing, belajar dan langsung melakuakn praktek. Kalau tidak jalan, maka kita tidak akan menghasilkan apa-apa. Kegagalan adalah ilmu untuk memperbaikinya,” tandasnya. (apr/kyd)