Pokdar Kamtibmas Tiyuh Kagungan Ratu Terbentuk

46

Radartuba.com, TUBAUDIK-Guna memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat, Kepolisian Sektor (Polsek) Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) mulai membentuk Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas di tiyuh-tiyuh yang masuk di wilayah hukum polsek setempat. Salah satunya adalah di Tiyuh Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik yang secara resmi terbentuk pada Rabu, 27 November 2019.

Pembentukan Pokdar Kamtibmas tersebut berdasarkan kesepakatan mufakat masyarakat setempat yang tertuang dalam Berita Acara Nomor: BA/674/KR/TBU/TUBABA/2019, tentang Rapat Pembentukan Pokdar Kamtibmas Tiyuh Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Berita acara tersebut ditandatangani oleh Bhabinkamtibmas Tiyuh Kagungan Ratu Brigpol. Ibrawansyah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 412-05/TBU Serda. Joko Susilo, dan Kepalo Tiyuh Kagungan Ratu Tri Haryanto. Berdasarkan hasil musyawarah tersebut, ada 3 (tiga) anggota Pokdar Kamtibmas di Tiyuh Kagungan Ratu, yakni Kamari, Rusdiana, dan Agus Suwito

Mendampingi Kapolsek Tumijajar AKP. Dulhafit, S.Pd, Bhabinkamtibmas Tiyuh Kagungan Ratu Brigpol Ibrawansyah menyampaikan bahwa, tujuan utama pembentukan Pokdar Kamtibmas adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat tentang pentingnya menjaga ketertiban di lingkungan sekitarnya. Selain itu, lanjutnya, agar bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban bersama, sebab peran aktif masyarakat masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.”Masyarakat diharapkan menjadi mitra kepolisian dalam menjaga kamtibmas di lingkungan sekitarnya,”ungkapnya, Rabu (27/11).

BACA JUGA:  Melalui Program Tiyuh Siaga Mandiri, Pemkab Tubaba Dorong Ekonomi Kreatif Tiyuh

Dia berharap, anggota Pokdar Kamtibmas Tiyuh Kagungan Ratu dapat terus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, khususnya dalam hal penanggulangan dan pencegahan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas, dengan selalu memberikan informasi-informasi penting tentang Kamtibmas termasuk kejadian kriminalitas di wilayahnya.”Peran aktif anggota Pokdar Kamtibmas sangat kami harapkan, khususnya dalam hal koordinasi dengan petugas di lapangan agar setiap informasi kejadian terutama yang menyangkut Kamtibmas dapat segera ditindaklanjuti. Yang jelas, melalui pokdar ini kami ingin mendorong partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan dini segala bentuk gangguan Kamtibmas”tandasnya.

Sementara itu, Kepalo Tiyuh Kagungan Ratu Tri Hariyanto menyambut baik terbentuknya Pokdar Kamtibmas di tiyuh yang dipimpinya tersebut, dan berharap situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya akan semakin terjaga.”Kami pemerintah tiyuh sangat mengapresiasi dan  semoga apa yang menjadi tujuan terbentuknya Pokdar Kamtibmas dapat terwujud. Untuk itu, kami juga berharap peran aktif seluruh masyarakat untuk mendukung kerja Pokdar Kamtibmas dalam membantu tugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa,”singkatnya. (ded)