Mulai Hujan, Peternak Harus Waspada Penyakit Hewan

5

Radartuba.com, TUBABA-Memasuki musim hujan ini, masyarakat khususnya para peternak yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) diminta untuk mewaspadai beberapa gangguan penyakit yang kemungkinan dapat menyerang hewan ternaknya, baik pada ternak unggas maupun ternak besar.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tubaba menjelaskan, dalam masa pancaroba (pergantian musim), penyakit yang dikhawatirkan menyerang ternak yakni Flu Burung pada Unggas dan Demam serta Diare pada ternak besar (Sapi, Kerbau, dan Kambing).”Saat ini memang masih aman, tapi inikan sudah mulai musim hujan, jadi masyarakat khususnya peternak harus tetap waspada terhadap serangan penyakit,”ungkapnya kepada radartuba.com, Rabu (27/11).

Menurutnya, jika intensitas hujan terus meningkat, dalam waktu 2 bulan saja sudah bisa menyebabkan terjadinya kelembaban dan situasi itulah yang bisa mengakibatkan berkembangnya bibit-bibit penyakit hewan.”Musim kemarau dapat mempengaruhi kekuatan fisik hewan, yang tentunya dapat menurun apalagi jika pola makannya tidak teratur karena sulitnya mencari pakan, sehingga saat musim pancaroba tiba hewan sangat mudah terserang penyakit,”terangnya. 

Untuk itu, peternak harus benar-benar waspada. Bahkan, kata dia, jika ada tanda-tanda serangan penyakit pada hewan maka secepatnya melapor ke petugas peternakan atau dokter hewan terdekat, dan dapat juga melapor ke Disnak Tubaba.”Kita juga sangat mengharapkan adanya informasi dari masyarakat agar kami pun dapat secepatnya mengambil tindakan. Tapi, meskipun demikian, pengawasan tetap akan rutin kami lakukan,”ujarnya.

BACA JUGA:  Penimbunan Jalan Rawan Banjir di Panaragan Bisa Capai Rp2 M

Ia menambahkan, salah satu langkah antisipasi yang bisa dilakukan oleh para peternak yakni dengan menjaga serta mengatur pola makan ternaknya, dan yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan kandangnya.”Jika sudah musim hujan, khususnya ternak besar jangan sampai terkena hujan, ini terkait kebiasaan petani menggembalakan ternaknya di ladang. Artinya, peternak harus hati-hati, kalau mau hujan segera diambil dari tempat penggembalaannya,”tukasnya.(ded)