SMPN 1 TbU Tingkatkan Mutu,Persiapan Jadi sekolah Model

9
Kepsek SMP N 1 Tulangbawang Udik (TbU)

Radartuba.com, TULANGBAWANG BARAT- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)1 Tulangbawang Udik (TbU), Kecamatan Kecamatan Tulangbawang Udik  , terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah, baik dari administrasi,sarana prasarana,maupun tenaga pendidik.

Apalagi, sekolah ini juga ditunjuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menjadi salah satu sekolah model kemudian diberikan pembinaan dari LPMP Sumsel (Lembaga penjamin Mutu Pendidikan).  Dimonitor sarana fisik sekolah,lingkungan sekolah, kegiatan guru dan siswa di pantau diarahkan di bina.

“Melalui penilaian Disdikbud Kabupaten Tubaba dan komitmen kepala dan tim sekolah, SMPN 1 TbU ditunjuk jadi sekolah model yang menerapkan 8 standar nasional pendidikan,” ujar kepala SMPN 1 TbU Kasiyan, SPd,saat ditemui Radar Tuba, Rabu (20/11)

Menurutnya, Sudah menjadi sekolah model, kemudian jadi sekolah rujukan, diatas sekolah model sesuai standar menerapkan 8 standar nasional pendidikan, tingkatkan lagi diatas standar pelayanan namun belum maksimal. “Ya sebelum ditunjuk kita hanya sebatas formalitas pelaksanaan saja,” katanya.

Namun, sambungnya, setelah SMPN 1 ditunjuk dan dibina Disdikbud Tubaba sekolah akan terus berbenah dan menjalankan dengan baik. “Dengan mengisi format dalam penilaian, diketahui kekurangan dan kelebihan,” paparnya.

BACA JUGA:  Penyematan Mahkota "King dan Queen" Tutup MPLS di SMPN 3 Penawartama

Selanjutnya, sekolah juga memaksimalkan dalam pelaksanaan pengelolaan administrasi sekolah. “Dari sarana prasarana, hingga persiapan dan kualitas tenaga guru  juga kita perbaiki, ada dua kegiatan pertama Worshop pelatihan penguna,penilaian dan sebagainya kedua, In House Traning ,“  jelasnya.

Ia berharap, dengan penunjukan SMPN 1 sebagai sekolah model ini, ada perubahan yang sangat baik dari sebelumnya. “Kita juga konsisten dalam penerapannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, di Kecamatan TbU sekolah yang telah ditunjuk jadi sekolah model penerapan 8 standar nasional pendidikan diantaranya SMPN 1 TbU 8 standard nasional pendidikan yang wajib dijalankan sekolah ini, yaitu standar isi, standar proses, kompetensi kelulusan, pendidikan dan tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, hingga standar penilaian.(san/nta)