Dr.Sowiyah Kagum Dengan Kreatifitas dan Produk-Produk Buatan SMPN 1 Banjar Agung

126

Radartuba.com, TULANG BAWANG- Kehadiran fasilitator nasional Dr. Sowiyah M.Pd ke SMP N 1 Banjar Agung dalam acara sosialisasi dan deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) serta Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), dirinya pun memberikan apresiasi atas berbagai macam produk-produk buatan siswa-siswi mulai dari minuman Detox Herbal, kripik sale, daur ulang sampah dan berbagai pertunjukan pada saat acara berlangsung, Rabu (13/11/2019).

Saat berbincang dengan RadarTuba.com fasilitator nasional Dr. Sowiyah M.Pd mengatakan, perjalanan saya tadi seperti masuk lubang semut nggak sampai-sampai akan tetapi perjalan yang jauh tersebut ternyata tidak sia-sia karena apa yang saya rasa ketika pertama kali menginjakkan kaki masuk ke sekolah ini ada sebuah mutiara yang sangat bagus disini dalam hal menerapkan sekolah ramah anak, yang mana semuanya sudah benar sesuai dengan tujuan dari sekolah ramah anak.

sekolah ramah anak itu sendiri merupakan sebuah sekolah yang dapat menciptakan kenyamanan, kesenangan dan kesehatan bagi siswa-siswi maupun guru itu sendiri, sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa-siswi tetapi pada dasarnya yang bertanggung jawab untuk mendidik dan menciptakan prinsip-prinsip kedisiplinan anak adalah orang tua.

“sekolah non diskriminasi yaitu tidak membeda-bedakan antara anak satu dengan yang lainnya, tidak ada buli membuli, tidak ada geng. Semua anak sama diberikan wadah untuk diberikan persepsi sendiri-sendiri akan masa depan mereka kelah,”

Lebih lanjut, dirinya pun terkagum dengan banyaknya kesenian yang ditunjukan anak-anak mulai dari pencak silat, paduan suara, akting drama yang bisa membawa emosional yang menyaksikan terharu dengan alur drama yang di pertontonkan, seni tari, dan yang lebih penting sekolah ini mampu menciptakan produk-produk yang bernilai mulai dari Minuman Detox Herbal, kripik sale, daur ulang sampah.

BACA JUGA:  SMPN 3 Penawartama Rapat Pemantapan Akreditasi 2019

Kepala Sekolah SMP N 1 Banjar Agung Yenny Sofyan S.T, M.Pd mengatakan, sekarang kami sudah mulai mengembangkan pertanian mulai dari Mini alpukat mentega, nangka mini, porang, dan daun bawang. Saat ini sudah ada 150 bibit yang telah kami tanam baik itu alpukat mentega mini dan nangka mini dan anak-anak pun kita ajarkan untuk berdisiplin positif dengan bertanggung jawab berbudi daya.

“produk sale pisang apabila dijual dalam bentuk mentah kurang bernilai sehingga kami buat bentuk kritik yang lebih bernilai, sedangkan Minuman Detox Herbal yang berkomposisi racikan rahasia yang di campur dengan rempah-rempah mulai dari laos merah, jahe merah, kencur, kunyit, cengkeh, kayu manis dan gula aren. Produk ini memiliki resep yang berbeda dengan yang lain, untuk saat ini meski belum ada izin BPOM kami berharap dengan kehadiran bapak ibu kesini agar bisa mempermudah kami untuk mengeluarkan izin BPOM nya sehingga nanti dapat kami promosikan lagi agar bisa menjadi salah satu oleh-oleh minum terbaik dari Kabupaten Tulangbawang,”harapnya.

Tidak lupa dalam acara tersebut SMPN 1 Banjar Agung melakuka peresmian Website SMPN 1 Banjar Agung yang diresmikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasaruddin SH, MH bersama dengan Fasilitator Nasional
Dr. Sowiyah, M.Pd. (mad)