Akhirnya Mesuji Raih Predikat Eliminasi Malaria

54
Rapat penetapan Eliminasi Malaria kabupaten Mesuji di kementerian kesehatan RI beberapa waktu lalu. Foto Ist

Radartuba.com, MESUJI--Akhirnya,kabupaten Mesuji resmi meraih predikat Eliminasi Malaria, hal tesebut diketahui berdasarkan hasil keputusan rapat uji petik pasca Assesment di kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada Rabu (6/11).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Mesuji,  Yanuar Fitrian, S.Km., MM  mengungkapkan kabupaten Mesuji akan segera menerima sertifikat Eliminasi Malaria pada bulan April 2020 mendatang  bertepatan dengan peringatan hari Malaria sedunia.

“Ya tahun ini usaha kita untuk Eliminasi Malaria membuahkan hasil, sudah diputuskan oleh Kemenkes, tinggal menunggu sertifikat yang akan di serahkan serentak se-Indonesia di bulan April 2020, nantinya yang menerima adalah Bupati Mesuji” jelas Yanuar Selasa (12/11).

Ia menambahkan, bahwa untuk provinsi Lampung, hanya Kabupaten Mesuji yang telah Eliminasi Malaria dan ini menurutnya harus di syukuri. “Ya hanya Kabupaten Mesuji yang telah dikategorikan Eliminasi Malaria di Provinsi Lampung, ini juga berdasarkan beberapa kategori diantaranya tidak ada kasus Malaria Indegenious selama 3 tahun berturut-turut,”imbuhnya.

BACA JUGA:  PMD Mesuji Jemput Bola, Percepat Realisasi DD dan ADD 2019

Atas dasar itu dia mengimbau agar khususnya masyarakat Kabupaten  Mesuji untuk menjaga lingkungan agar tidak ada kasus malaria kedepannya. “Saya  mengimbau agar  masyrakat untuk tetap  menjaga kebersihan lingkungan, agar  tidak ada lagi kasus malaria, sehingga kita bisa mempertahankan Eliminasi Malaria tersebut,” tutupnya.(cw1/mis)