Kodim 0426/Tuba Laksanakan Upacara Peringati Hari Pahlawan ke-74

5
Dandim 0426/Tuba Letkol Inf Kohir saat menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan ke-74. Foto Ist For Radar Tuba

Radartuba.com, TULANGBAWANG– Tepat tanggal 10 November merupakan hari pahlawan, hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Komando distrik militer (Kodim) 0426/Tulangbawang (Tuba) melaksanakan upacara memperingati hari Pahlawan ke 74 tahun 2019 di Makodim 0426, Jl. Lintas Timur KM 113, Kampung Bujung Tenuk, Kecamatan Menggala Selatan, Kabupaten Tulangbawang, Minggu (10/11)
Komandan kodim (Dandim) 0426/Tulangbawang Letkol Inf.Kohir yang bertindak sebagai inspektur upacara. Acara yang juga dihadiri Perwira Penghubung Kabupaten Mesuji Mayor Arh. Wahyudi, perwira staf Kodim 0426/Tulangbawang, dan Komandan Koramil, serta jajaran Kodim 0426/Tulangbawang
Dalam acara tersebut Letkol Inf Kohir membacakan amanat menteri sosial Republik Indonesia, Hari ini kita memperingati hari Pahlawan ke 74 tahun 2019, peringatan ini sebagi bentuk rasa syukur kita atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.
“Dalam memperingati hari pahlawan yang kita laksanakan hari ini, yang utama adalah bagaimana kita dapat mengambil pelajaran dan maknanya dari perjuangan para pahlawan untuk dapat kita ambil dan kita implementasikan dalam kehidupan kita sehari- hari. Mari kita jadikan teladan jiwa pengorbanan yang mencerminkan persatuan, semangat, patriot dan pantang menyerah dari para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, dan jadilah pahlawan- pahlawan masa kini dengan segala kemampuan yang kita miliki untuk membangun negeri tercinta Indonesia,” terangnya.
Lebih lanjut, Para pejuang kemerdekaan Indonesia yang berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang menjadi bagian dari Revolusi Nasional Indonesia, peristiwa pertumpahan darah tersebut lalu ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.
“Bila dulu para pahlawan kita berjuang menumpahkan darah untuk kemerdekaan Indonesia, maka kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu membalas jasa-jasa para pahlawan dengan cara terus berkreasi dan berperstasi mengharumkan nama Indonesia,”ungkapnya Dandim. (rls/mad)