Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Lurah Daya Murni Galakkan Gerakan Opsih

15

Radartuba.com, TUMIJAJAR– Pemerintah Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat. Hal ini diutarakan Lurah Daya Murni, Surya Jaya Rades, S.STP, saat berbincang-bincang dengan radartuba.com diruang kerjanya, Kamis (7/11) pagi.

Menurutnya, kebersihan lingkungan mencerminkan kondisi yang sehat dan untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat tersebut tentu tidak dapat dilakukan hanya oleh pihak kelurahan, tetapi perlu adanya peran serta masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan, minimal di sekitar tempat tinggalnya masing-masing.”Untuk itu, kami menggalakkan program Gerakan Operasi Bersih (Opsih) yang melibatkan masyarakat secara langsung,”ungkapnya.

Surya menjelaskan, selain memiliki tujuan utama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat demi keindahan dan kenyamanan, Gerakan Opsih sekaligus untuk mewujudkan keteladanan, rasa kekeluargaan dan kekompakan sehingga memberikan contoh yang baik kepada masyarakat secara luas.”Mudah-mudahan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,”harapnya.

Kegiatan Gerakan Opsih tersebut akan rutin dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam sebulan secara serentak di setiap lingkungan (Lk). Sebagai langkah awal, pihaknya bersama dengan masyarakat pada Senin (4/11) lalu melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan saluran irigasi di wilayah setempat.”Alhamdulillah masyarakat antusias dengan ikut memungut sampah di saluran irigasi tersebut. Harapan kita kedepan, masyarakat tidak lagi membuang sampah disitu,”ulasnya.

BACA JUGA:  Bawaslu Sesalkan Pelanggaran Pemasangan APK

Pihaknya berharap, kegiatan Gerakan Opsih akan semakin meluas di seluruh lapisan masyarakat dan rutin dilakukan di setiap lingkungan. Untuk itu, dia mengajak seluruh Ketua Lk hingga RT/RW agar melibatkan masyarakat dalam melakukan Gerakan Opsih di lingkungannya. Berdasarkan pantauan, di sejumlah titik di Kelurahan Daya Murni telah terpasang papan himbauan dalam bentuk banner yang berisi larangan membuang sampah di saluran irigasi. (ded)