2020, UMK Kabupaten Mesuji Naik 8,51%

251

Radartuba.com, MESUJI–Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Mesuji menetapkan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar  8,51% .Hal tersebut ditetapkan  pada saat rapat pembahasan bersama Dewan Pengupahan Kabupaten bertempat di kantor PT. SIP kecamatan Tanjung Raya, Kamis (07/11).

Kepala dinas Tranmigrasi Rifriyanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan jamsostek, Roly Aditiawan Jaya, SE menjelaskan bahwa kenaikan  tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan.

“Kita mengacu kepada PP no 78 tahun 2015, jadi ada kenaikan sebesar 8,51% dari tahun sebelumnya hal tersebut merujuk kepada rumus yang telah di tetapkan sebagai penghitungan UMK,” jelasnya.

Roly menambahkan bahwa Mesuji saat ini menduduki posisi UMK kedua tertinggi setelah Kota Bandar Lampung, 

” Saat ini kita berada diurutan nomor dua setelah kota Bandar Lampung,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Winarti Hadiri Rakornis TMMD Ke-105 Tahun

Kenaikan tersebut akan segera di sosialisasikan kepada masyarakat dan seluruh perusahaan yang ada di wilayah kabupaten Mesuji agar kenaikan ini menjadi acuan agar perusahaan bisa segera menerapkan setelah Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Lampung turun.

“Proses selanjutnya yaitu menunggu SK gubernur yang rencananya di terbitkan (21/11) mendatang, setelah itu barulah kita menunggu edaran bupati untuk perubahan UMK ini, dan diberlakukan pada 1 Januari 2020,” pungkasnya.(cw1/mis)