Jelang Natal Dan Tahun Baru TPID Bersama Ekbang Sidak Pasar

59
Asisten II bersama TPID pantau harga kebutuhan sembilan bahan pokok dipasar Simpang Pematang.Foto: RADARTUBA.COM/ Misdi

Radartuba.com, MESUJI--Untuk menjaga Kestabilan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang Natal dan Tahun baru Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) kabupaten Mesuji menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Simpang Pematang.

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Beddi SH.MH menjelaskan Sidak yang dilakukan tersebut untuk menindaklanjuti rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Mesuji  Pada 23 Oktober lalu.

TPID melaksanakan sidak terkait harga serta pasokan sembako di pasar Simpang Pematang dengan  melibatkan sejumlah OPD terkait dan Bagian Ekbang.Dari hasil sidak  yang sudah dilakukan  harga sembako untuk bulan November 2019 relatif stabil.

“Ya harga kebutuhan sembako untuk periode awal bulan November ini masih relatif stabil, namun kita baru melaksanakan di satu titik pasar, artinya kita perlu pembanding di pasar yang lain, kita rencanakan untuk sidak di sejumlah pasar lain di kabupaten Mesuji,” jelasnya,Selasa (5/11)

Dia juga menjelaskan beberapa harga kebutuhan pokok, diantaranya beras kualitas sedang dengan kisaran harga Rp. 9.000,-/kg, ayam potong Rp. 32.000,-/kg, daging sapi Rp. 120.000,-/kg.  Sayur-sayuran seperti kubis, kacang panjang, wortel, kentang dan ikan segar relatif stabil tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

BACA JUGA:  Terkait Bentrok Di Register 45, KNPI Mesuji Desak Pemerintah Pusat

Pada awal bulan Nopember ada beberapa kebutuhan  bahan pokok yang mengalami lonjakan harga seperti harga bawang merah pada Minggu lalu Rp. 18.000,-/kg dan sekarang telah menyentuh harga Rp. 24.000/kg, hal ini dipicu tersendatnya pendistribusian dari pihak Pemasok diwilayah Mesuji.

Sedangkan menurut kepala Bagian (Kabag) Ekbang Huzairin. A.Ma. Pd menambahkan terkait pengendalian inflasi pihaknya akan terus memantau perkembangan harga si aejumlah pasar.

“Kita upayakan terus memantau kestabilan harga terutama sembako, karna kita akan mendekati hari raya Natal dan tahun baru, kita antisipasi untuk harga sembako serta ketersediaan nya,” pungkasnya (cw1/mis)