Disdikbud, TK Bukan Syarat Masuk SD

15

Radartuba.com, TULANG BAWANG BARAT-Pendidikan tingkat taman kanak-kanak (TK) bukan merupakan syarat bagi anak untuk masuk sekolah dasar (SD). Ironisnya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa sebelum masuk SD, anak wajib mengikuti telebih dahulu pendidikan di jenjang TK. Dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah disebutkan bahwa pendidikan prasekolah, seperti playgroup dan TK, tidak merupakan persyaratan untuk memasuki pendidikan dasar. Maka, tidak wajib hukumnya bagi orangtua untuk memasukkan anak mereka ke TK terlebih dahulu sebelum sang anak bersekolah di SD.

” Ya TK itu bukan syarat masuk SD karena di dalam aturan yang di buat pemerintah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  tidak ada mengharuskan kalau masuk SD itu harus sekolah TK terlebih dahulu”Ujar Kasi SD/SMP Kodri,S.Kom saat di wawancari,Radar tuba Rabu (30/10)

Dikatakanya juga Ijazah Taman Kanak-kanak (TK) bukan menjadi persyaratan wajib bagi calon siswa baru yang akan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Tidak ada syarat khusus untuk masuk SD kecuali hanya diseleksi berdasarkan usia saja. 

BACA JUGA:  MIN 1 Tuba Mengadakan Kegiatan Memperingati Maulid Nabi

” Yang terpenting untuk masuk SD adalah telah berusia enam sampai tujuh tahun dengan melampirkan akta kelahiran. “Pokoknya anak yang usianya sudah tujuh tahun harus diutamakan terlebih dahulu dan mereka tidak dites. Tetapi berbeda dengan sekolah inklusi,” katanya

Menurutnya sesuai dengan usianya, masuk SD diutamakan bagi siswa yang sudah berusia tujuh tahun keatas. Jika sudah terakomodir baru menerima siswa yang usianya 6 tahun.

“Bagi siswa yang usianya di bawah enam tahun harus ada tes psikologi dari psikolog profesional. Hasil tes tersebut akan menjadi pertimbangan untuk masuk SD, apakah sudah mampu atau belum untuk mengikuti pelajaran di SD.(cw-II)