2020, Kepala Sekolah Wajib Miliki NUKS

13

Radartuba.com, TULANGBAWANG BARAT-Seluruh kepala sekolah (Kepsek) di tahun depan (2020) sudah harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS), sebuah nomor khusus yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional. Tahun 2020 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tulangbawang Barat (Tubaba) mewajibkan Kepsek memiliki NUKS.”Ya tahun 2020, pejabat eselon tidak dapat menjadi kepala sekolah bila tidak memiliki NUKS” Kata kasi SD/SMP Kodri S.Kom saat di wawancarai Radar Tuba, Rabu (30/10)

Dikatakannya, kepsek yang diangkat tanpa NUKS, maka tugas tambahan sebagai kepsek tidak akan diperhitungkan dalam memenuhi beban kerjanya.Saat ini, lembaganya gelar pendidikan dan latihan (Diklat) untuk para Kepsek maupun calon kepala sekolah (Cakep). Jika telah dinyatakan lolos oleh lembaga yang ditunjuk sebagai pelaksana Diklat, maka NUKS langsung tedaftar di Kementerian.”Pemberian NUKS dilakukan secara langsung dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berdasarkan hasil diklat yang diselenggarakan seluruh Indonesia.”Katanya

Ia menambakan sebab tahun 2020, kata dia, tidak ada lagi kepala sekolah yang diangkat tanpa NUKS. Kalau yang diangkat diatas tahun 2017 belum memiliki NUKS harus diberi penguatan dengan pelatihan untuk memiliki NUKS.

BACA JUGA:  Disdikbud Lampung Akan Gelar Festival Seni Pada Juli - Agustus 2019

Menurut dia, NUSK mulai diterapkan di tahun 2019 sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah.“Jika belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (STTPPCKS) dan NUKS, kepala sekolah harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat),” terangnya.

Dia melanjutkan, kepsek merupakan leader, sehingga perlu diperkuat dengan ilmu manajemen di sekolah. Untuk mendapatkannya, kepsek diwajibkan mengikuti tes yang dilanjutkan pendidikan latihan (diklat). “tutupnya.(cw-II)