Dinkes Tubaba Adakan Pelatihan Fasilitator STBM

20

Radartuba.com, Tubaba-Untuk menerapkan pola hidup sehat kepada seluruh masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui UpTD Puskesmas Totonkaton mengadakan Pelatihan Fasilitator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Bertempat di Balai Tiyuh Totokaton kecamatan Batu Putih.

Turut hadir dalam acara Pelatihan Fasilitator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),ialah Bidan Desa Tiyuh Totokaton,kader posyandu,aparatur Tiyuh dan Masyarakat tiyuh Totokaton yang hadir dalam acara tersebut.

Kepala Tiyuh Totokaton Didi mengatakan “seperti yang di sampaikan pihak kesehatan tentang STBM ini ialah Agar Masyarakat menerapkam pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicu untuk memperkuat budaya perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat.
STBM memiliki pilar, masing – masing pilir memiliki makna dan arti tersendiri.
Diantran nya Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan)”Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tidak ada masyarakat yang buang air besar di tempat terbuka atau sembarangan di kebun, sungai, semak-semak, pantai, susuai juga arahan dari kementrian Kesehatan. Ucap Didi.

Lanjut Didi “Pilar ke dua, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pentingnya melakukan kebiasaan tersebut untuk menghalangi terjadinya infeksi, 80% penyakit infeksi umum bisa dicegah dengan cuci tangan yang bener.
45% penyakit infeksi berat dapat di cegah dengan cuci tangan dengan bener.

BACA JUGA:  Gelar Pengajian Sambut Bulan Suci Ramadhan

“Secara makna mengurangi bakteri terkontaminasi dan mengurangi penyakit yang ditularkan melalui makanan, dan cara sederhana untuk tetap sehat cuci tangan tidak memerlukan banyak waktu tetapi sangat penting mencegah penyakit”.

“Semoga dengan ada nya kegiatan ini masyrakat Tiyuh totokaton lebih bebenah lagi dengan pola hidup sehat Karena Penyakit timbul karena kita terlalu sering memandang remeh pentingnya menjaga kesehatan kita.” Pungkas Didi.(zal)