SD IT Madani Ciptakan Perserta Didik Berakhlak Mulia

33

Radartuba.com, TUMIJAJAR-Guna mencipatakan Peserta didik yang berahklak mulia Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Madani yang terletak di Desa Candra Mukti.Kecamatan Tumijajar  terus berupaya mendidik, membina, dan membimbing agar anak didiknya memiliki akhlak mulia. Apalah artinya anak kita menjadi ilmuwan, konglomerat, jabatan, dan karier yang tinggi jika mereka tidak memiliki akhlak yang baik. “Ya kita akan terus berupaya sehingga nantinya peserta didik lulusan SD IT Madani Insya Allah akan memilik akhlak yang mulia,”Demikian dikatakan kepala SD IT Madani Taban, S.Pd saat di temui Harian Radar Tuba,Sabtu (26/10).

Menurutnya Taban,tanpa akhlakul karimah semua yang diraih anak-anak kita tidak ada manfaatnya. Dalam ajaran Islam, akhlak menempati tempat yang luhur. Ia merupakan bagian dari misi utama agama ini,Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.” ujarnya
Ia menambahkan Bila anak-anak kita berperangai baik maka ia merupakan warisan terbaik yang kita berikan kepada mereka. Orang bijak berkata, “Sebaik-baiknya warisan para ayah untuk anak-anaknya adalah nama baik, didikan yang berguna, dan saudara-saudara yang shalih,” imbuhnya.

Di jelaskanya bimbingan yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita agar mereka memiliki perilaku yang terpuji lagi luhur, antara lain, pertama, bimbinglah anak-anak kita dengan pemahaman. Artinya, anak-anak kita harus diberi pemahaman akan akhlak terpuji dan akhlak tercela. ” Bimbing mereka agar memahami konsekuensi yang akan mereka terima jika mereka berakhlak baik dan jika mereka berbudi buruk atau tercela.”jelasnya.

BACA JUGA:  Implikasi Isra Mi'raj Dalam Kehidupan Di Era Kekinian

Ia menuturkan, bimbinglah peserta didik  kita dengan keteladanan. Artinya, bimbinglah mereka dengan contoh atau keteladanan dari diri kita. Sebab, apa yang mereka lihat dan dengar dari kita akan lebih menerap pada diri mereka.
Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik penting bagi kita untuk menjadi teladan bagi peserta didik.

Sambung Taban proses pembiasaan adalah metode yang strategis dalam mendidik anak. Aktivitas yang terus dikerjakan oleh seorang anak akan menjadi kebiasaan dirinya yang tidak bisa dipisahkan lagi, “Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini menjadikan anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan sifat kemanusiaannya lagi berbudi pekerti yang tinggi. “(cw-II)