Rekrutmen CPNS 2019, Tubaba Hanya Kebagian 92 Formasi

1215

Radartuba.com, TUBABA– Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menjadi salah satu daerah yang mendapatkan jatah formasi pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019. Tapi, jumlah formasi yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk Tubaba jauh dari harapan. Betapa tidak, Pemkab Tubaba mengusulkan penambahan 2.377 pegawai baru dalam rekrutmen CPNS tahun ini, namun kuota yang ditetapkan hanya 92 formasi.

Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Diklat pada Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Kabupaten Tubaba, Syahlan, SH, MM, mengatakan, kepastian tentang formasi CPNS tersebut ditetapkan melalui SK Menpan-RB.”Kabupaten Tubaba hanya mendapatkan 92 formasi, terdiri dari 49 guru, 33 tenaga kesehatan, dan 10 tenaga teknis,”ungkapnya saat dihubungi radartuba.com melalui telepon, Kamis (24/10) malam, sekitar pukul 20.20 WIB.

Diakuinya, angka formasi yang ditetapkan tersebut jauh dari jumlah usulan kebutuhan pegawai yang diajukan Pemkab Tubaba. Namun menurutnya, Kemenpan-RB memiliki penilaian tersendiri dalam hal ini, salah satunya yakni kemungkinan berpatokan pada angka pensiun dalam menetapkan formasi CPNS tersebut.”Selain itu, mereka juga melihat ketersediaan anggaran,”cetusnya.

BACA JUGA:  Rezeki Ramadhan Pedagang Takjil

Mengenai kuota atau formasi untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), Syahlan memastikan tidak ada untuk rekrutmen tahun ini bahkan menyeluruh secara nasional, namun terkait hal ini pihaknya tidak mengetahui apa alasan pusat meniadakan formasi PPPK tersebut.”Yang jelas sudah kita ajukan, karena di e-formasi itu memang ada tempatnya. Informasinya waktu itukan 70 persen PPPK dan 30 persen untuk CPNS. Tapi tidak jadi, dan mengenai ini juga tidak ada penjelasan, yang pasti untuk PPPK tidak ada,”tutupnya. (ded)