Pelatihan Design Grafis, DPMT Datangkan Tiga Narasumber

27

Radartuba.com, TUBABA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Tiyuh (DPMT) setempat mendatangkan 3 (tiga) narasumber kompeten dari Lampung Street Art dalam Pelatihan Design Grafis yang berlangsung di Berugo Cottage, Panaragan Jaya, mulai Selasa (15/10). Mereka yakni Saktia Wicaksono, S.Ds, Bagas Bimantoro, dan M. Khoirul Arif, ST.

Kabid Kelembagaan Sosial Budaya Masyarakat pada DPMT Kabupaten Tubaba, Iwan Setiawan, SH, MH, mengatakan, Pelatihan Design Grafis tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Workshop Tiyuh Siaga Mandiri tahun 2019.”Pekan lalu sudah dilaksanakan Pelatihan Kerajinan Bambu yang diikuti 24 orang utusan tiyuh. Mulai hari ini sampai 4 hari kedepan dilanjutkan dengan Pelatihan Design Grafis yang juga diikuti 24 peserta,”ungkapnya kepada radartuba.com di lokasi pelatihan.

Menurutnya, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) seiring kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat saat ini.”Di era kemajuan teknologi sekarang ini, desain grafis bisa menjadi salah satu peluang usaha. Untuk mewujudkan itu, semua yang berkaitan dengan design grafis tentu perlu dikuasai agar dapat terus dikembangkan, khususnya oleh generasi muda,”terangnya.

Untuk menjadi sebuah peluang usaha, lanjutnya, pengetahuan tentang desain grafis tentu harus terus digali dan dikembangkan. Atas dasar itu, sasaran dalam pelatihan ini adalah generasi muda yang ada di tiyuh-tiyuh.”Harapan kita, pemerintah tiyuh juga akan terdorong untuk mengembangkannya menjadi program tiyuh, sebab kemampuan dalam hal design grafis sangat besar manfaatnya. Artinya, potensi ini perlu digali dalam rangka meningkatkan kreativitas generasi muda Tubaba,”tandasnya.

BACA JUGA:  Sosialisasi Pelaksanaan Sertifikasi Pendidik, Disdik Tubaba Ingatkan Pentingnya Dapodik

Untuk itu, dia berharap para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini semaksimal mungkin dan mengikutinya mulai dari awal hingga selesai.”Kita sengaja mendatangkan narasumber yang memang ahli di bidang design grafis. Perlu kita sadari bersama, kemampuan di bidang design grafis juga bisa mendorong kemajuan ekonomi kreatif yang fokus pada produk lokal. Sebab, produk-produk kreatif diperlukan sentuhan kreatif menjadi sesuatu yang punya nilai lebih tinggi,”tukasnya.

Salah satu pemateri, M. Khoirul Arif, ST menyebutkan secara garis besar ada 5 (lima) materi yang diberikan dalam pelatihan ini. Materi yang disampaikan tersebut akan sangat menunjang dalam upaya mengembangkan ekonomi kreatif di Tubaba. “Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi dan pelatihan tentang Design Percetakan, Animasi, Logo, Design Periklanan, dan Desain Packaging Produk,”singkatnya. (ded)