Melalui NSI, Kemenkes RI Kirim Lima Tenaga Kesehatan ke Tubaba

19

Radartuba.com, TUBABA– Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menerima bantuan 5 (lima) orang tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Program Nusantara Sehat Individual (NSI) Periode VIII tahun 2019. Penyerahan kellima orang tenaga kesehatan khusus tersebut dilaksanakan di Auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan diserahkan langsung Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr.dr.Hj. Reihana, M.Kes kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Perana Putra diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Wahyudi Alamsyah, SKM.MM, Kasubag Kepegawaian dan SDM Yarmaneli, SE.MM, Senin (30/9) lalu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Perana Putra, SH.MH, Kamis (10/10) pekan lalumengatakan, bantuan tenaga kesehatan tersebut untuk mendukung program pemerintah pusat dalam program Nusantara Sehat untuk melayani kesehatan masyarakat dan pemenuhan tenaga kesehatan di puskesmas.“Tubaba mendapatkan lima tenaga kesehatan. Dan Per 1 Oktober mereka sudah bekerja di Kabupaten Tubaba di 3 Puskesmas,”kata dia kepada wartawan.

Perana menjelaskan kelima orang tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individu (NSI) tersebut yakni Ici Dwi Purwasih, Amd, Gz, telah di tugaskan menjadi tenaga gizi di Puskesmas Daya Murni, Kecamatan Tumijajar. Alam Robbani Annur, Amd. Farm, telah di tugaskan menjadi tenaga farmasi di Puskesmas Daya Murni, Kecamatan Tumijajar. Sundari Trisna Juwita, A.Md.AK, telah ditugaskan menjadi tenaga analis kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Selanjutnya, Dwi Larasati, S.Tr.KL, telah ditugaskan menjadi tenaga kesehatan lingkungan di Puskesmas Suka Jaya, Kecamatan Gunung Agung, dan terakhir Deli Achmad, S.K.M dan telah ditugaskan menjadi tenaga kesehatan mayarakat di Puskesmas Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.“Mereka bertugas di Tubaba selama 2 tahun dengan gaji dan operasional ditanggung Kementerian Kesehatan,”paparnya.

BACA JUGA:  Ranitidin di Tarik, BPOM Tuba: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Dia berharap kelima orang tenaga kesehatan khusus tersebut dapat bekerja maksimal di Kabupaten Tubaba, dan dapat bekerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya di tempat mereka bertugas.“Mereka diharapkan dapat bekerja maksimal, bekerjasama, dan bekerja sesuai kewenangan profesi dan standar pelayanan,”pintanya.

Sementara itu, Kasubag Kepegawaian dan SDM pada Dinas Kesehatan Tubaba Yarmaneli,SE,MM menambahkan, diterimanya bantuan tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individu (NSI) tersebut berdasarkan usulan yang disampaikan Dinkes Tubaba ke Kementrian Kesehatan pada tahun 2018 lalu.“Kami usulkan 35 formasi tenaga kesehatan berdasarkan kebutuhan. Alhamdulillah terealisasi tahun ini sebanyak 5 orang tenaga kesehatan. Di Lampung hanya dua kabupaten/kota yang menerima bantuan ini, yakni Kabupaten Tubaba (5 orang) dan Kabupaten Tulang Bawang (25 orang),”kata dia.

Yarma menambahkan, Kabupaten Tubaba hingga saat ini masih membutuhkan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Dinas Kesehatan, RSUD, dan Puskesmas sebanyak 896 formasi. Kebutuhan tersebut telah disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tubaba.“Sudah kami sampaikan ke BKD sesuai formasi dan peta jabatannya. Jadi, sampai saat ini Tubaba masih membutuhkan banyak tenaga kesehatan. Semoga sampai akhir tahun ini Tubaba mendapatkan kuota lagi agar pelayanan di puskesmas dapat berjalan lebih optimal,” pungkasnya. (ded)