Baru Terealisasi 55 Persen, Camat Tumijajar Optimis PBB-P2 Capai Target

14

Radartuba.com, TUMIJAJAR- Meski realisasi Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) hingga saat ini baru mencapai sekitar 55 persen dari target yang telah ditetapkan, pihak kecamatan setempat tetap optimis target 100 persen dapat tercapai sebelum batas akhir waktu pembayaran.

Diketahui, PBB-P2 merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menjadi salah satu penunjang program pembangunan di kabupaten setempat. Tahun 2019 ini, target yang ditetapkan untuk Kecamatan Tumijajar sebesar Rp495,18 juta, dan baru terealisasi sekitar Rp270 juta. Hal ini dikatakan Camat Tumijajar Rasyid, SE melalui Sekcam Erwan Syahroni, SE, saat berbincang-bincang dengan radartuba.com ruang kerjanya

Dia juga menyebutkan, dari 10 tiyuh/kelurahan yang ada di Tumijajar, baru 2 (dua) tiyuh yang telah lunas 100 persen, yakni Tiyuh Makarti dan Kelurahan Daya Murni.”Realisasinya baru sekitar 55 persen dari target. Sedangkan yang lainnya masih proses penagihan terhadap wajib pajak sesuai SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang),”ungkapnya, Senin (14/10) siang

Atas capaian yang masih terbilang minim tersebut, pihaknya menghimbau kepada pemerintah tiyuh yang ada di kecamatan setempat khususnya yang belum lunas untuk segera memaksimalkan realisasinya sesuai target yang ditetapkan.”Berdasarkan waktu yang telah ditetapkan, PBB harus lunas 31 Oktober 2019. Tiyuh yang belum lunas, kepalo tiyuhnya juga sudah membuat pernyataan secara tertulis siap lunas,”tegasnya.

Pihaknya tetap optimis realisasi target PBB-P2 tahun 2019 di Kecamatan Tumijajar dapat tercapai 100 persen. Namun menurutnya, untuk mencapai target tersebut tentu harus didukung oleh tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.”Membayar pajak adalah salah satu bentuk peran aktif dan dukungan nyata masyarakat dalam program pembangunan yang gencar dilakukan oleh Pemkab Tubaba,”tegasnya.

BACA JUGA:  Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019, Petugas Wajib Patuhi Tata Tertib

Dia juga menyatakan, pihaknya tidak akan pernah bosan menghimbau agar masyarakat khususnya di Tumijajar dapat taat membayar PBB dan terus berkoordinasi dengan aparatur tiyuh, sehingga PBB di Tumijajar lunas seperti tahun-tahun sebelumnya.”Sejauh ini kami mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh kepalo tiyuh dan jajarannya yang secara rutin tetap mengingatkan dan mengajak warganya untuk taat membayar pajak,”ujarnya.

Diketahui, ada 9 tiyuh dan 1 kelurahan di kecamatan setempat, antara lain Kelurahan Daya Murni, Tiyuh Daya Asri, Murni Jaya, Margo Mulyo, Margo Dadi, Gunung Menanti, Sumber Rejo, Makarti, Daya sakti, dan Tiyuh Gunung Timbul.”Kami akan terus menggiring pihak tiyuh agar masyarakat selaku wajib pajak dapat melunasi kewajibannya (PBB) tepat waktu, dan dalam hal ini koordinasi akan terus kami lakukan,”tukasnya. (ded)