Diikuti 25 Calon, Pemilihan BPT Marga Kencana Terjadwal Lima Hari

7

Radartuba.com, TUBAUDIK -Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) Periode 2019-2025 di Tiyuh Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) diikuti 25 calon. Terdiri dari 21 calon Keterwakilan Wilayah yang tersebar di 5 Wilayah Pemilihan dan 4 calon Keterwakilan Perempuan.

Berdasarkan pantauan, setiap suku di tiyuh tersebut ditetapkan sebagai wilayah pemilihan bagi Calon Keterwakilan Wilayah. Sementara, wilayah pemilihan Keterwakilan Perempuan meliputi seluruh suku.”Untuk pemilihan keterwakilan perempuan sudah dilaksanakan tanggal 2 Oktober lalu yang diikuti 4 calon. Sekarang sedang proses pemilihan Anggota BPT untuk keterwakilan wilayah,”ungkap Eko Wahyudi, Ketua Panitia Pengisian BPT Marga Kencana saat dihubungi radartuba.com melalui telepon, Jum’at (11/10) pagi.

Secara rinci dijelaskannya, Wilayah Pemilihan I (Suku I) diikuti 4 calon dan proses pemilihan sudah dilaksanakan pada Kamis (10/10). Kemudian Wilayah Pemilihan II (Suku II) yang diikuti 2 calon dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober berbarengan dengan Wilayah Pemilihan V (Suku V) sebanyak 5 calon. Lalu, wilayah III (Suku III) dilaksanakan 14 Oktober dan diikuti 3 calon. Sementara untuk Wilayah Pemilihan IV (Suku IV) dilaksanakan 12 Oktober (besok), di ikuti 7 orang calon.

“Selain untuk yang keterwakilan perempuan, proses pemilihan berlangsung di masing-masing suku sesuai wilayah pemilihannya. Sedangkan untuk kuota, wilayah pemilihan I, IV, dan V sebanyak 2 orang. Sementara wilayah II, III dan keterwakilan perempuan masing-masing 1 orang. Jadi, total anggota BPT Marga Kencana nantinya ada sebanyak 9 orang,”terangnya yang juga merupakan Juru Tulis Tiyuh Marga Kencana ini.

BACA JUGA:  Ratusan Perawat Tubaba Ikut Aksi Damai di Kejari Lampung Utara

Diketahui, Berdasarkan SK Bupati Tubaba Nomor : B/135/I.01/HK/TUBABA/2019 tentang Penetapan Jadwal dan Tahapan Pengisian Anggota BPT Kabupaten Tubaba Periode 2019-2025,pemilihan anggota BPT untuk keterwakilan perempuan dilaksanakan serentak pada tanggal 2 Oktober 2019. Sedangkan untuk keterwakilan wilayah tergantung dengan kesiapan tiyuh masing-masing dengan jadwal batas waktu yang sudah tetapkan, yakni tanggal 7-20 Oktober 2019.

Setelah tahapan pemilihan selesai, selanjutnya adalah Penetapan Hasil Penyaringan atau Pemilihan Calon Anggota BPT, baik melalui mekanisme pemilihan langsung atau musyawarah perwakilan (21-23 Oktober). Kemudian, Usulan Calon Anggota BPT Terpilih dari Panitia Pengisian BPT kepada Kepalo Tiyuh dan dari Kepalo Tiyuh ke Camat (24-29 Oktober). Lalu dilanjutkan dengan Usulan kepada Bupati melalui Camat (30 Oktober- 5 November) dan Penetapan SK Peresmian Anggota BPT dengan Keputusan Bupati (6 November-4 Desember). Sementara untuk pelantikan atau pengucapan sumpah janji anggota BPT dilaksanakan bulan Desember. (ded)