Bapenda Akan Proses Perhitungan dan Penilaian PBB-P2 Jalan Tol

30

Radartuba.com, Tulang Bawang – Untuk meningkatkan pendapatan daerah badan pendapatan daerah (Bapenda) dalam waktu dekat akan melakukan proses perhitungan dan penilaian objek Pajak Bumi dan Bangunan, Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) jalan tol yang ada dikabupaten Tulangbawang. Selasa (8/10).
Kaban Bapenda I Nyoman Sutamawan SE, MM mengatakan, kita mengacu pada undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pasal 77 ayat 1 dan 2 dan pasal 78 ayat 1 dan 2 dan peraturan daerah nomor 09 tahun 2011 sebagaimana diubah ke dalam peraturan daerah nomor 01 tahun 2016 tentang pajak daerah pasal 59 ayat 1 dan 2 dan pasal 60 ayat 1 dan 2(b).
Dalam rangka persiapan proses perhitungan dan penilaian objek PBB P2 pembangunan jalan tol yang ada di Kabupaten Tulangbawang, saat ini telah sesuai dengan amanat undang-undang nomor 28 Tahun 2009 pasal 78 ayat 2 (b) dan Perda Kabupaten Tulang Bawang nomor 09 tahun 2011 sebagaimana diubah ke dalam Perda nomor 01 tahun 2016 pasal 60 ayat 2 (b) yang menyatakan bahwa termasuk kedalam pengertian bangunan adalah jalan tol.
“Saat ini proses perhitungan dan penilaian PBB-P2 bangunan jalan tol telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Tengah. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang meminta bantuan kepada PT Hutama Karya Tbk selaku pengelola dan penanggung jawab bangunan jalan tol yang berlokasi di Kabupaten Tulangbawang untuk dapat memberikan data-data yang kami butuhkan,”ungkapnya.
Adapun data-data yang dimaksud yaitu:

  1. Data luas tanah luas bangunan jalan tol dan volume beserta kelengkapan data lainnya
  2. Data lokasi jalan tol yang dibangun di wilayah kabupaten Tulang Bawang
  3. Alamat subjek pajak selaku penanggung.
    Yang mana data tersebut akan dikirimkan kepada Bupati Tulang Bawang melalui badan pendapatan daerah kabupaten Tulang Bawang.(mad)