Dinsos Mesuji Dan FKS Menggelar Dialog Keserasian Sosial

5

Radartuba.com, MESUJI–Untuk menumbuhkan rasa gotong royong di tengah masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Mesuji menggelar dialog keserasian sosial tahun 2019 yang dilaksanakan di balai desa Muara tenang timur Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (2/10).
Plt Kepala dinas Sosial Suhaimi SE melalui kepala Bidang Bantuan dan jaminan soaial ( Banjamsos)) Suswanntoro menjelaskan bahwa program dialog tematik keserasian sosial merupakan program kementerian sosial dari pusat dalam rangka penanggulangan bencana sosial, ada dua jenis kegiatan yang dirasakan pertama kearifan lokal dan kedua keserasian sosial.
“Setiap kegiatan ada diskusi tematik, dan ada dua kali pertemuan, pertemuan pertama yakni tahapan perencanaan kegiatan untuk melaksanakan pembangunan kebutuhan masyarakat, dan yang kedua pelaksanaan kegiatan pembangunan,”jelasnya.
Sementara itu Pendamping Bintang Timur Wijiono mengharapkan dengan pelaksanaan program ini bisa mencegah konflik, menjaga keharmonisan, dan menumbuhkan rasa gotong royong diantara masyarakat dan diskusi tematik ini sangat penting untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara masyarakat.
“Melalui program tematik keserasian sosial ini kami berharap dari pihak desa bisa meningkatkan rasa memiliki dan tumbuh kedamaian di tengah masyarakat,karena ini sangat penting, untuk meningkatkan koordinasi, berdiskusi, berdialog, tentang membangun toleransi antar umat beragama, revolusi mental, dan menangkal radikalisme” harap Wijiono.
Di tempat yang sama Sulung susilo selaku Ketua Forum Keserasian Sosial (FKS) Bintang Timur mengatakan,Kabupaten Mesuji sendiri ada 2 Desa yang mendapat kan program keserasian sosial dari Kementrian Sosial yaitu Desa Sido Mulyo Kecamatan Mesuji dan Muara Tenang Timur Kecamatan Tanjung Raya.
“Kami sudah melakukan dialog tematik, bersama beberapa unsur masyarakat, dengan harapan bisa dimanfaat kan oleh masyarakat sekitar serta menjaga keharmonisan,kerukunan dan menumbuhkan rasa gotong royong diantara masyarakat di lingkungan,”tutupnya (mis)