Aksi Curas Curat di Sumber Rejo, 1 Korban Luka Kepala : Pelaku Sempat Akting Sebagai Polisi, lalu Membawa Kabur Hp Korban

8

Radartuba.com, TUMIJAJAR- Aksi pencurian dengan kekerasan dan pemberatan (curas dan curat) kembali terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Tulang Bawang. Tak tanggung-tanggung, dua rumah warga digasak sekaligus hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Bahkan para pelaku yang diduga kuat membawa senjata api dalam aksi tersebut juga sempat melukai korbannya. Peristiwa ini terjadi Minggu (6/10) pagi di Tiyuh Sumber Rejo, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, perampok yang diperkirakan berjumlah dua orang tersebut pertama kali beraksi di wilayah RK 1, yakni di kediaman Sumantri (30) sekitar pukul 4.30 WIB. Kemudian, aksinya berlanjut di rumah Alvin (18) yang berada di RK 3 tiyuh setempat, bahkan Alvin mengalami luka dibagian kepala akibat dipukul menggunakan senjata api.

Dikonfirmasi melalui telepon, Kepalo Tiyuh Sumber Rejo Joko Supriyanto membenarkan kejadian tersebut.”Iya benar, kejadiannya di dua lokasi yakni di RK1 dan RK 2 d. Sempat dikejat oleh warga, tapi para pelaku berhasil kabur dengan membawa 5 buah hp (handphone),”ungkapnya kepada radartuba.com, Minggu (6/10) siang.

Diceritakannya, para pelaku pertama kali menyatroni rumah Sumantri di RK 1 tiyuh setempat. Mereka beraksi dengan cara mendongkel jendela rumah, lalu mengambil barang milik korban berupa hp. Tapi sial bagi para pelaku, aksinya tersebut kepergok oleh istri Sumantri dan kontan saja pelaku langsung menodongkan pistol ke arahnya.”Karena diteriaki maling oleh istri Sumantri, pelaku langsung kabur dan membawa lari hp yang sudah berhasil mereka ambil dari dalam rumah,”jelasnya.

Ternyata aksi para pelaku tidak berhenti sampai disitu, mereka juga menyatroni rumah Alvin yang kebetulan saat kejadian pintu rumah memang sudah dalam kondisi terbuka. Berdasarkan keterangan korban, pelaku saat itu langsung masuk ke rumah, bahkan mengaku sebagai anggota kepolisian dan menghardik para penghuni rumah tersebut.”Kenapa ini, narkoba ya, baris-baris, mana hp nya semua,”kata Joko menirukan gertakan para pelaku saat kejadian.

BACA JUGA:  Babinsa Lakukan Komsos Dengan Warga

Setelah penghuni rumah dikumpulkan, lanjutnya, pelaku yang mengaku polisi tersebut meminta hp dari tangan para pemiliknya seolah-olah untuk diperiksa. Lalu, pelaku keluar dengan membawa kunci sepeda motor Yamaha Vixion milik Alvin. Karena merasa curiga dengan para pelaku, Alvin pun langsung mengikuti langkah para pelaku.”Korban (Alvin) sempat protes kenapa sepeda motornya mau dibawa, dan pelaku langsung memukul kepala korban hingga luka,”terangnya.

“Karena korban masih tetap saja melawan, pelaku langsung melepaskan tembakan dan korban seketika itu berteriak minta tolong dan mendengar itu masyarakat sekitar langsung pada keluar rumah. Pelaku pun langsung kabur dengan membawa 3 buah hp, sedangkan motor tidak jadi diambil oleh pelaku. Kalau melihat ciri-ciri postur tubuhnya dan kendaraan yang digunakan, pelakunya masih orang yang sama dengan pelaku yang beraksi di RK 1,”bebernya.

Sesaat setelah kejadian dan mendapatkan laporan dari warga, aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Tumijajar dan beberapa anggota Koramil Tulang Bawang Udik juga langsung terjun ke lokasi kejadian.”Kami sempat melakukan pengejaran, tapi mereka berhasil kabur. Setelah itu, saya bersama masyarakat ke rumah korban dan  yang mengalami luka langsung kami antar berobat,”pungkasnya. Berdasarkan pantauan, kejadian ini sudah dalam penanganan Polsek Tumijajar. (ded)