Dinas Pendidikan Tuba Selenggarakan Diklat PKP Berbasis Zonasi

254

Radartuba.com, Meraksa Aji – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten setempat.
Peningkatan kualitas pendidikan ini menyangkut keterampilan guru dalam mengajar maupun kemampuan para siswa dalam menerima materi ajar yang disampaikan oleh guru.
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen GTK menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher OrderThinking Skills/HOTS).
Bertempat di SMP Negeri 1 Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang telah dilaksanakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) In House Training 1 mata pelajaran Matematika pada Sabtu (28/09).
Untuk diketahui kegiatan Diklat PKP di zona SMPN 1 Meraksa Aji ini diikuti oleh 20 guru matematika dari sejumlah SMP negeri dan swasta di kecamatan Meraksa Aji, Gedung Aji, Penawar Aji, Rawapitu, Penawartama, Gedungaji Baru, Rawajitu Selatan, dan Kecamatan Rawajitu Timur.
Pelatihan In House Training 1 PKP Matematika dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kab. Tulang Bawang Yohana Sri Wahyuni, S. Pd., M. Pd. didampingi oleh Kasi GTK SMP Medi Syah Putra, M.M., Instruktur Guru Matematika Paijo, M. M. ,Kepala SMPN 1 Meraksa Aji Supri Jatmoko, S. Pd. dan Pengawas Hi. Dwiyanto.
Di hadapan peserta kegiatan, ibu Kabid GTK berpesan agar peserta PKP Matematika tetap semangat dan berharap bisa menyelesaikan tugas dengan sebaik mungkin.
“Saya berharap agar seluruh peserta kegiatan ini tetap semangat dan dapat menyeselesaikan tugas dengan sebaik-baiknya, baik tugas dengan bimbingan pendampingan secara online maupun offline, ” demikian harapan ibu Kabid.
Sumarsih, S. Pd. seorang peserta – guru SMPN 1 Gedungaji Baru ketika ditanya tanggapannya mengatakan, “Alhamdulillah sangat terkesan karena dapat ilmu yang sangat bermanfaat dan ketemu teman-teman lama yang dulu bimtek K-13 di LPMP Lampung. Harapan saya semoga ke depannya bisa menerapkan di SMPN 1 Gedungaji Baru dan berbagi pengalaman kepada teman-teman seperjuangan.”
Diklat PKP ini menuntut kesungguhan dan konsentrasi para peserta khususnya kemampuan mengaplikasikan teknologi Informatika untuk menyelesaikan tugas-tugas terkait dengan kegiatan on-line maupun off-line. (rus/ogi)

BACA JUGA:  Tinjau Simulasi I UNBK Di Sub Rayon 06.04, Ini Harapan Kepala Disdik Tulang Bawang